PickMe!
Merupakan konten afiliasi yang memberikan rekomendasi produk. Kami akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian Anda.

7 Hobi yang Populer Selama Pandemi, Ada Apa Saja?

Kompas.com - 01/02/2021, 15:31 WIB
Ilustrasi sepeda impor ShutterstockIlustrasi sepeda impor

KOMPAS.com – Melakukan hobi menjadi salah satu cara populer yang dilakukan masyarakat untuk mengisi waktu luang selama pandemi.

Dari sekian banyak jenis hobi, Universitas Indonesia (UI) merilis beberapa hobi yang populer dilakukan selama masa pandemi.

Peneliti UI Devie Rahmawati menjelaskan, penelitian tersebut dilakukan dengan mengamati aktivitas masyarakat di media sosial Twitter.

"Kami menggunakan radar inventory, sebuah alat pemindai percakapan sosial di dunia digital. Setiap bulannya, kami mengamati sekitar 140 juta tweet berbahasa Indonesia," ujar Devie dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (1/2/2021).

Selama delapan bulan penelitian, yakni sejak Maret hingga November 2020, kata Devie, pihaknya menemukan beberapa aktivitas atau hobi baru yang tergolong menarik. Berikut ulasannya.

1. Memiliki peliharaan baru

Devie menjelaskan, beberapa aktivitas hobi yang tergolong menarik salah satunya adalah memiliki dan menghabiskan waktu bersama hewan peliharaan baru, seperti ikan cupang atau kucing.

2. Menata rumah

Rumah menjadi pusat kegiatan masyarakat selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berlangsung. Karenanya, muncul kebutuhan baru untuk mendekorasi ulang rumah agar menjadi lebih nyaman untuk digunakan sebagai tempat bekerja atau sekolah.

Nah, saat pandemi, menata rumah menjadi salah satu pilihan hobi baru. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan, seperti membuat rak, mengecat dinding rumah dengan warna baru, atau mengatur ulang penempatan perabotan rumah.

3. Berolahraga

Setelah pemberlakuan PSBB, beberapa kegiatan hobi berupa olahraga justru menyeruak. Salah satu olahraga yang banyak dijadikan hobi baru adalah bersepeda.

Selain itu, masyarakat yang tidak bisa pergi ke gym saat pandemi pun memilih menghadirkan peralatan gym di rumah. Ada juga yang beralih mencoba jenis olahraga baru yang bisa dilakukan di rumah, seperti yoga atau mengikuti olahraga online di YouTube.

4. Memasak dan membuat kue

Beberapa waktu terakhir, media sosial diramaikan dengan beragam turorial memasak atau membuat roti buatan sendiri. Hal ini menunjukkan bawah banyak orang menjadikan memasak dan membuat kue sebagai hobi baru.

Bahkan, tidak sedikit dari sekadar hobi kemudian menjadikannya bisnis rumahan sebagai sumber pendapat baru.

5. Menonton film

Saat ini, banyak layanan atau aplikasi streaming yang memungkinkan pengguna agar bisa menonton film tanpa harus pergi keluar rumah.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan UI, seri drama Korea (drakor) menjadi salah satu kata kunci yang banyak dibagikan di masa pandemi.

6. Berkebun

Beberapa tanaman hias menjadi tren dan banyak mewarnai lini masa media sosial, mulai dari janda bolong, kaktus, dan aglaonema. Berkebun tampaknya menjadi salah satu cara yang digunakan masyarakat untuk mengisi waktu di tengah kejenuhan akibat pandemi.

7. Membaca buku

Membaca buku juga menjadi hobi yang dipilih banyak orang selama masa pandemi. Pilihan buku yang dibaca pun sangat beragam, mulai dari buku cetak, e-book, maupun buku audio.

Bagi para pecinta buku, Gramedia.com menggelar Online Book Fair dengan diskon besar-besaran hingga 90 persen untuk berbagai buku dan nonbuku terbaik pilihan. Acara itu diselenggarakan dalam rangka merayakan hari ulang tahun ke-51 Gramedia.

Baca juga: Gelar Online Competition hingga Pesta Diskon, Gramedia Rayakan HUT ke-51

Adapun rangkaian promo itu berlangsung selama enam hari sejak Selasa (2/2/2021) hingga Minggu (7/2/2021).

Tak hanya itu, Gramedia.com juga menggelar program flash sale setiap hari untuk para pelanggan dengan harga produk yang ditawarkan mulai dari Rp 5.100.

Untuk informasi lengkap mengenai gebyar ulang tahun ke-51Gramedia dan Online Book Fair, silakan kunjungi website Gramedia.com.

chat & buy

Tanya di sini Chat & buy.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya