Benarkah Probiotik Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Kompas.com - 21/02/2021, 19:30 WIB
Ilustrasi minuman probiotik. ShutterstockIlustrasi minuman probiotik.

KOMPAS.com - Probiotik menjadi salah satu suplemen nutrisi paling populer di pasaran karena serangkaian manfaatnya.

Antara lain tentang peningkatan kesehatan usus dan fungsi kekebalan tubuh. Beberapa penelitian juga menunjukkan, bahwa probiotik dapat memengaruhi penurunan berat badan.

Namun, ada kekhawatiran keamanan terkait dengan penggunaan suplemen probiotik secara luas.

Mengenal probiotik

Jurnal Frontiers in Microbiology mengutip definisi probiotik sebagai mikroorganisme hidup yang bila diberikan dalam jumlah yang cukup dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Baca juga: Probiotik sebagai Pencegahan Gigi Berlubang

Makanan tertentu secara alami mengandung probiotik, sementara beberapa produsen menambahkan dosis terkonsentrasi ke dalam suplemen.

Suplemen probiotik mengandung bakteri hidup dalam dosis besar, biasanya Lactobacilli dan Bifidobacteria, yang berkontribusi untuk meningkatkan komposisi bakteri usus besar, serta meningkatkan kesehatan.

Penelitian tentang efek kesehatan probiotik telah berkembang pesat selama 20 tahun terakhir seperti halnya penjualan suplemen probiotik.

Perkiraan penjualan probiotik akan melebihi 64 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 900 triliun pada tahun 2023.

Hal ini disebabkan karena banyaknya keterkaitan antara probiotik dan berbagai manfaat kesehatan di baliknya.

Meskipun para ilmuwan masih menyelidiki bagaimana probiotik bekerja dalam tubuh, penelitian awal sudah menunjukkan probiotik berperan dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Baca juga: Harus Tahu, Probiotik Bukan Obat Utama Masalah Pencernaan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X