Kompas.com - 26/02/2021, 14:26 WIB
Ilustrasi internet, media sosial. SHUTTERSTOCKIlustrasi internet, media sosial.

KOMPAS.com - Perilaku sopan ternyata tak selalu menjadi lebih matang seiring bertambahnya usia.

Setidaknya ini salah satu pesan yang kita dapatkan dari hasil studi tahunan Microsoft, "Civility, Safety, and Interactions Online 2020", yang dirilis bersama dengan temuan dari Digital Civility Index (DCI) 2020.

Survei yang sudah memasuki tahun kelima tersebut mengamati sekitar 16.000 responden di 32 wilayah, yang diselesaikan selama kurun waktu bulan April hingga Mei 2020.

Survei tersebut mencakup responden dewasa dan remaja tentang interaksi online mereka dan pengalaman mereka menghadapi risiko online.

Riset tahun ini mencakup sembilan wilayah Asia-Pasifik (APAC), yaitu Australia, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Regional Digital Safety Lead, Asia-Pasifik, Microsoft, Liz Thomas mengatakan, keadaban digital sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong interaksi online yang positif.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, lebih banyak masyarakat yang mengakses internet.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Melalui peringatan Safer Internet Day ini, kami diingatkan bahwa pemerintah, organisasi, dan individu memiliki peran dalam membantu menjadikan internet tempat yang lebih baik untuk bekerja dan bermain," ungkapnya, seperti dikutip dari situs resmi Microsoft.

Baca juga: Waspada Ancaman Keamanan Online Saat Anak Main Internet, Ini Tips dari Google

Studi tersebut menemukan bahwa remaja usia 13 hingga 16 tahun memiliki skor DCI atau keadaban online yang lebih tinggi dibandingkan dewasa.

Pada ukuran global, kelompok remaja mendapatkan skor 63, sementara dewasa 72.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X