Kompas.com - 15/03/2021, 10:44 WIB
Sepatu langka Nike Moon Shoe bakal ditawarkan di balai lelang AS Sotheby's dengan harga dasar 100.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,4 miliar. VIA manofmany.comSepatu langka Nike Moon Shoe bakal ditawarkan di balai lelang AS Sotheby's dengan harga dasar 100.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,4 miliar.

KOMPAS.com - Sepatu langka Nike "Moon Shoe" bakal ditawarkan di balai lelang AS Sotheby's dengan harga dasar 100.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,4 miliar.

Angka fantastis ini diprediksi masih akan meningkat jika menilik sejarah penggunaannya.

Sepatu keluaran 1972 yang kali ini dilelang merupakan milik Tom McChesney sebagaimana dilansir laman Man of Many, Senin (15/03/2021).

Tom McChesney merupakan pelari dari South Eugene High School di Oregon, Amerika Serikat, dan menjadi atlet pertama yang memenangi kejuaraan lintas negara. 

Kala mencapai gelar tersebut, Tom McChesney mengenakan sepatu ini. Sepatu yang sama juga membantu Tom McChesney meraih prestasi dalam OSAA State Championship.

Sebelumnya, rumah pelelangan ini juga berhasil menjual sepatu yang sama dengan harga Rp 6,1 miliar, seperti yang pernah diberitakan Kompas.com pada (24/07/2019).

Baca juga: Pecahkan Rekor, Sepatu Nike Moon Shoe Keluaran 1972 Terjual Rp 6,1 Miliar

Sepatu langka Nike Moon Shoe VIA manofmany.com Sepatu langka Nike Moon Shoe

Bedanya, sepatu itu masih tergolong "baru" karena belum pernah digunakan sama sekali.

Sejumlah kalangan menilai nilai sejarah sepatu tersebut akan membantu mendongkrak harganya.

Terlepas dari itu, alas kaki ini memang selalu jadi rebutan karena hanya ada 12 pasang di seluruh dunia.

Salah satu pendiri Nike, Bill Bowerman turun tangan langsung dalam penciptaannya. Ia terinpirasi untuk membuat pola sol yang lebih inovatif pada sepatu lari di masa itu.

Baca juga: Inovasi dalam Sepatu Lari Nike, Curang atau Tak Terhindarkan?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X