Kompas.com - 17/03/2021, 16:26 WIB
Seorang lansia sudah divaksin Covid-19 di RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, Jawa Tengah, Selasa (9/3/2021). KOMPAS.COM/IKA FITRIANASeorang lansia sudah divaksin Covid-19 di RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, Jawa Tengah, Selasa (9/3/2021).
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setiap orang berhak menerima vaksin Covid-19 secara penuh agar kita dapat mengembalikan kehidupan yang normal seperti sebelumnya.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), seseorang dianggap telah divaksinasi penuh setelah dua minggu menerima dosis kedua vaksin.

CDC juga menekankan, bagi individu yang tidak menerima dosis kedua vaksin setelah dua minggu atau tidak divaksinasi sama sekali, maka dia tidak terlindungi sepenuhnya.

Itu berarti kita masih perlu melakukan semua tindakan pencegahan yang diperlukan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan orang banyak.

Manfaat vaksin penuh

Dokter spesialis penyakit menular, Kristin Englund, MD mengatakan ada banyak manfaat dari mendapatkan vaksin secara penuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pertama, kita tidak akan mudah sakit. Lalu, kemungkinan besar kita memiliki peluang untuk bertemu orang yang sudah lama tidak kita lihat," terangnya.

Dia mengungkapkan, bahwa orang yang divaksinasi penuh tidak perlu memakai masker di sekitar kelompok yang juga sudah divaksinasi penuh.

Tetapi sekali lagi, hanya di antara mereka yang sudah divaksinasi penuh, tidak hanya sebagian.

"Mendapatkan vaksin secara penuh akan menghasilkan lebih banyak kebebasan," ujarnya.

Baca juga: Sudah Divaksin, Masih Perlukah Karantina Setelah Bepergian?

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.