Kompas.com - 26/03/2021, 18:39 WIB
Ilustrasi perawatan wajah. ShutterstockIlustrasi perawatan wajah.

KOMPAS.com - Kadar hyaluronic acid (HA) dalam tubuh sangat berpengaruh menjaga kulit untuk tetap lembab dan terlihat kenyal. Kondisi inilah yang bisa membuat tampilan wajah tetap awet muda meskipun usia bertambah.

HA dapat menahan kadar air dalam tubuh hingga seribu kali lipat agar tidak dehidrasi. Bukan hanya itu, senyawa ini juga dapat mencegah semua kelembapan itu menguap ke udara.

Asam hialuronat sebenarnya adalah senyawa yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Namun seiring bertambahnya usia maka kadar produksinya semakin rendah.

Tingkat HA bersama kolagen dan elastin yang makin terbatas ini membuat kulit kemudian menjadi keriput. Pergantian sel kulit juga semakin lambat sehingga sulit bagi kita untuk menjaga kondisi wajah ketika masih belia. 

Baca juga: Apa Beda Krim Pelembab Harga Jutaan dengan yang Murah?

Ada sejumlah cara untuk membantu merangsang produksi HA dalam tubuh. Misalnya saja dengan konsumsi buah dan sayur yang kaya akan antioksidan.

Namun, tentu saja cara ini tidak bisa dirasakan manfaatnya dalam waktu singkat. Karena itulah senyawa ini kemudian dijadikan kandungan utama dalam berbagai produk kecantikan dan perawatan kulit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dr. Kavita Mariwalla, dokter kulit di New York sekaligus founder Mariwalla Dermatology mengatakan jika sangat penting untuk menentukan kadar HA yang tepat bagi kebutuhan kita.

"Dalam formulasi yang tepat, akan membuat kulit tampak lebih berembun dan lebih muda karena meningkatkan elastisitas kulit,” jelasnya seperti dikutip dari Harper Bazaar pada Jumat (26/03/2021).

Ia juga berpendapat agar tidak menggunakannya secara berlebihan. Pasalnya asam hialuronat yang digunakan secara tidak benar juga dapat membuat kulit menjadi dehidrasi.

Karena itu ia sangat menyarankan untuk memperhatikan label kandungan dalam produk yang dipakai. Ketahui pula jika HA cocok dengan berbagai bahan lainnya misalnya saja retinol dan berbagai vitamin.

Baca juga: Double Cleansing tanpa Menghilangkan Kelembaban Kulit

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.