Kompas.com - 18/04/2021, 10:17 WIB
Ilustrasi kamar mandi. UNSPLASH/HOUSE METHODIlustrasi kamar mandi.

KOMPAS.com - Kondisi kamar mandi yang lembap dapat menyebabkan penumpukan kotoran dan bakteri. Hal ini membuat ubin dan tirai kamar mandi menjadi berjamur serta menguning.

Oleh karenanya, agar kamar mandi tetap nyaman untuk digunakan, perlu dibersihkan secara rutin. Cara membersihkannya pun berbeda untuk tiap bagian.

Berikut tips membersihkan kamar mandi seperti dikutip Asia One.

1. Tirai kamar mandi

Beberapa rumah mungkin memiliki tirai di kamar mandi. Bagian bawah tirai kamar mandi dapat berjamur dan kuning karena terkena kotoran serta sabun mandi. Tirai yang berjamur dan menguning itu bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri.

Selain mengganti tirai dengan yang baru, pembersihan merupakan cara paling ekonomis. Langkah pertama membersihkan tirai adalah rendam dengan pemutih.

Lalu gosok tirai dengan cuka dan garam. Cuka putih dapat menghilangkan gelembung sabun dan minyak pada tirai. Jika noda sulit dibersihkan, gunakan air garam untuk menggosoknya.

Kemudian apabila masih ada jamur di tirai rendam dalam larutan pemutih yang diencerkan selama setengah jam. Setelahnya bilas dengan air mengalir.

Jangan lupa untuk membersihkan kait tirai kamar mandi secara teratur. Rendam dan cuci dengan air panas yang ditaburi deterjen.

Baca juga: Cara Membasmi dan Mencegah Kecoak Bersarang di Kamar Mandi

2. Filter shower

Halaman:


Sumber asiaone
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X