Kompas.com - 30/04/2021, 21:32 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Pasangan suami istri memiliki preferensi masing-masing ketika bercinta. Termasuk soal berapa lama kegiatan intim itu berlangsung.

Pandangan setiap pasangan terhadap kegiatan bercinta berbeda-beda. Oleh karenanya, waktu bercinta juga tergantung dari pasangan itu sendiri.

Ada yang menganggap bercinta dimulai ketika pasangan melakukan foreplay atau pemanasan. Tapi ada pula yang berpikir bercinta dimulai ketika penetrasi berlangsung.

Kemudian, ada yang berpandangan bercinta selesai setelah pasangan mendapatkan orgasme. Namun ada juga yang beranggapan kegiatan itu selesai saat pasangan saling memberi pelukan.

Sesungguhnya dalam bercinta tidak ada yang salah atau benar. Namun beberapa terapis seks memberikan pandangannya terkait waktu bercinta.

Baca juga: 10 Hal yang Didambakan Wanita Saat Bercinta, Pria Perlu Tahu

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Orgasme bukan akhir

Terapis seks Sari Cooper mengatakan, berapa lama waktu bercinta tidak berkaitan dengan orgasme pada pasangan.

Pria dan wanita mungkin saja tidak mencapai orgasme pada saat yang bersamaan. Oleh karenanya, orgasme tidak bisa dijadikan patokan.

Menurut Cooper, beberapa penelitian menyebutkan waktu rata-rata yang dibutuhkan pria untuk mencapai orgasme melalui penetrasi sekitar 5-6 menit.

Sedangkan menurut satu dari sedikit studi menyebutkan, wanita membutuhkan waktu rata-rata 13,4 menit sebelum orgasme.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.