Kompas.com - 15/05/2021, 12:06 WIB
Ford GT40 Ford GT40
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Penggemar balap vintage rasanya sudah tidak asing lagi dengan mobil Ford GT40.

Khusus bagi masyarakat Amerika, Ford GT40 berhasil menuai catatan manis yang mengharumkan nama Amerika di dunia balapan.

Mobil ini sempat mendapat julukan "Ferrari killer", lantaran tercatat sebagai mobil pertama buatan Amerika yang mampu mengalahkan Ferrari di ajang balapan 24 Hours of Le Mans.

Nah, GT40 versi terakhir rancangan Ford ini rencananya akan dilelang di Gooding & Company.

GT40 dengan kode sasis P/1085 dibikin pada tahun 1969 dan awalnya dijual dalam bentuk rolling chassis (tanpa bodi) kepada Sir Malcolm Guthrie.

Mobil tersebut berada di penyimpanan dalam kondisi pristine atau murni hingga akhir tahun 2000-an.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diperkenalkan pada tahun 1968 dengan nama "Gulf Spec", sasis mobil tidak dimodifikasi dan masih dalam kondisi aslinya.

Detail yang terdapat pada GT40 ini berupa mesin Gurney Weslake, bodywork bawaan pabrik, roda berukuran 10 inci dan 14 inci yang dilengkapi rem cakram dan empat kaliper.

Seluruh detail tersebut sama seperti yang terdapat pada mobil GT40 yang memenangkan 24 Hours of Le Mans di tahun 1968 dan 1969.

Jika tertarik untuk memiliki GT40 edisi terakhir yang diproduksi Ford, segera kunjungi situs Gooding & Company guna memeroleh informasi lebih lanjut.

Baca juga: Ini Dia 4 Mobil yang Terjual dengan Harga Tertinggi di Dunia



Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X