Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia 4 Mobil yang Terjual dengan Harga Tertinggi di Dunia

Kompas.com - 12/03/2021, 19:14 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mobil merupakan salah satu barang mewah yang menjadi idaman banyak orang. Kecepatannya, kenyamanannya sampai sejarahnya menjadi salah satu indikator yang menentukan harga jualnya.

Mobil bukan hanya menjadi alat transportasi saja. Banyak yang menjadikannya investasi bahkan koleksi.

Para pesohor juga kerap menjadikan mobilnya sebagai prestise atas kekayaan dan eksistensinya. Tak heran jika mobil termahal selalu menjadi perhatian.

Ada berbagai mobil yang dilabeli sebagai pembelian paling mahal yang pernah ada. Bukan hanya satu namun ada berbagai kategori mahal yang disematkan.

Berikut adalah 4 mobil paling mahal di kelasnya masing-masing seperti dilansir dari Ape to Gentlemen pada Jumat (12/04/2021) antara lain:

  • Ferrari 250 GTO

Ferrari 250 GTO 1963 yang memenangkan Tour de Franceapetogentlemen Ferrari 250 GTO 1963 yang memenangkan Tour de France
Mobil buatan pabrikan Italia ini memegang rekor sebagai mobil termahal di dunia dalam dua kelas berbeda. Tipe klasik buatan tahun 1963 merupakan mobil termahal yang pernah dijual di dunia saat ini.

Saat dijual pada 2018 lalu, harganya mencapai 70 juta dollar AS atau lebih dari Rp1 triliun dengan kurs saat ini. Pembelian fantastis ini dilakukan oleh David Macneil, salah satu kolektor mobil terkemuka.

Mobil sport klasik ini dihargai mahal bukan hanya karena kapasitas mesinnya namun karena sejarahnya. Mobil ini pernah menjuarai hampir 300 kompetisi balap di seluruh dunia. Mulai dari Tour de France 1964 sampai Le Mans pernah menjadi saksi akan kualitasnya.

Mobil termahal di pasar lelang dunia, Ferrari 250 GTO lansiran 1962.AUTOEXPRESS.com Mobil termahal di pasar lelang dunia, Ferrari 250 GTO lansiran 1962.
Selain itu, mobil berbeda dari seri ini juga mencatat rekor penjualan di pelelangan dengan harga 38 juta dollar AS. Angka ini menjadikannya kendaraan roda empat paling mahal yang ditransaksikan dengan metode tersebut.

Seperti yang pernah diberitakan Kompas.com pada 27/06/2018, mobil yang ditawarkan di lelang itu merupakan model ketiga dari 36 produk yang diproduksi. Memiliki nomor sasis 3413 GT, unit ini mempertahankan mesin asli, girboks, dan rear axle.

  • Mercedes-Benz W196

Mercedes-Benz W196apetogentlemen Mercedes-Benz W196
Mobil balap Formula One juga bisa dijadikan koleksi di garasi pribadi. Namun kita harus merogoh kocek amat dalam untuk memilikinya.

Harga termahal untuk transaksi satu unit eks balap tercepat di dunia itu dipegang oleh Mercedes-Benz W196 1954.

Harganya mencapai 29,6 juta dollar AS atau hampir Rp300 miliar saat dilelang di Goodwood Festival of Speed tahun 2013 lalu.

Harganya yang selangit didukung sejarahnya sebagai mobil yang pernah dikendarai oleh Juan Manuel Fangio. Legenda F1 itu pernah jadi juara dunia hingga lima kali termasuk saat mengendari mobil pabrikan Jerman itu.

  • Aston Martin DBR1

Aston Martin DBR1/1.Autoevolution Aston Martin DBR1/1.
Industri otomotif Inggris pernah merajai dunia dengan berbagai keluaran terbaiknya yang berkelas. Tak heran jika mobil asal negeri Ratu Elizabeth ini memiliki prestise tersendiri di kalangan pecinta mobil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com