Kompas.com - 27/05/2021, 07:46 WIB

KOMPAS.com - Lingkungan masyarakat berpengaruh besar dalam perkembangan individu atau sekumpulan orang. Demikian juga sebaliknya, perilaku individu bisa memengaruhi bagaimana sikap masyarakat.

Kita bisa saja bersikap antusias dan mendorong kebaikan, toleransi, atau bersikap terbuka, sehingga lingkungan masyarakat tempat kita hidup terus berkembang ke arah yang lebih baik.

Namun, tanpa kita sadari ada berbagai perilaku toksik yang justru dianggap normal oleh masyarakat. Apa sajakah?

Baca juga: Ciri-ciri Hubunganmu dengan Orang Terdekat Bersifat Toksik

1. Kecanduan pada amarah

Tidak ada keraguan bahwa kemarahan adalah emosi yang sangat toksik. Kita sering melihat orang menahan amarah dan mudah untuk mengalihkannya ke orang atau topik lain.

Misalnya, kita sedang marah dengan atasan di kantor dan tidak bisa berbuat apa-apa. Jadi, amarah itu kita lampiaskan pada anak,  pasangan, atau orang lain di media sosial.

Apakah amarah itu membantu menyelesaikan masalahnya? Atau kita ingin marah-marah agar terlihat penting dan pintar?

Sangat penting untuk memiliki resiliensi emosi, sehingga sumber amarah itu yang harus kita selesaikan, bukan mengalihkannya. 

Baca juga: Mengapa Kita Marah jika Nama Anak Dicontek Orang Lain?

2. Kekejaman

Kekejaman terhadap hewan maupun sesama manusia sering kita temukan di dalam kehidupan masyarakat.

Kekejaman ini tidak selalu berarti melukai atau menyiksa seseorang secara fisik. Bisa juga mental, emosional, dan juga psikologis.

Tidak memahami masalah orang yang dicintai, mengabaikan kesalahan yang dilakukan terhadap siapa pun, atau diam saat melihat seseorang terluka di jalan adalah bentuk kekejaman yang dinormalisasi.

Padahal, sebagai masyarakat yang hidup saling berdampingan dengan manusia lain, seharusnya kita perlu lebih berempati dan saling menolong.

Baca juga: Anak Gemar Menyiksa Binatang, Kapan Perlu Dikhawatirkan?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.