Kompas.com - 09/07/2021, 09:23 WIB
Ilustrasi pelecehan seksual. Ilustrasi pelecehan seksual.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kasus kekerasan seksual khususnya terhadap perempuan di Indonesia masih terus meningkat dan sampai saat ini belum dapat terselesaikan dengan baik.

Berdasarkan data catatan tahunan (Catahu) Komnas Perempuan 2021, sepanjang tahun 2020 kasus kekerasan seksual terjadi sebanyak 1.938 kasus atau sekitar 30 persen di ranah personal atau privat.

Melihat tingginya angka kasus tersebut, The Body Shop Indonesia bersama para mitra yakni Yayasan Plan International Indonesia, Magdalene, Yayasan Pulih, dan Makassar International Writers Festival (MIWF) kembali menyuarakan kampanye anti kekerasan seksual.

Kampanye bertajuk No! Go! Tell! (Katakan Tidak, Jauhi, Laporkan!) tersebut juga merupakan upaya mendukung pengesahan RUU PKS, serta berfokus secara penuh pada pencegahan (prevention) dan pemulihan (recovery) para korban kekerasan seksual.

"Kampanye ini dibuat agar perempuan bisa memiliki kekuatan untuk melawan kekerasan seksual karena tidak banyak korban yang bisa melaporkan kasusnya."

Demikian penuturan Direktur Eksekutif Yayasan Plan International Indonesia, Dini Widiastuti melalui konferensi pers virtual Kampanye No! Go! Tell! dan Peluncuran Produk Terbaru Rangkaian White Musk, Kamis (8/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sebanyak 79 persen rata-rata kekerasan seksual ini terjadi di dalam rumah tangga dan di masa pandemi ini justru semakin meningkat kasusnya," sambung dia.

Dukungan lewat produk terbaru

The Body Shop luncurkan produk White Musk Range untuk mendukung kampanye No! Go! Tell!The Body Shop The Body Shop luncurkan produk White Musk Range untuk mendukung kampanye No! Go! Tell!
Head of Values, Community & Public Relations The Body Shop Indonesia, Ratu Ommaya mengatakan bahwa selain mengisi petisi di situs www.tbsfightforsisterhood.co.id, dukungan terhadap kampanye No! Go! Tell! dapat dilakukan melalui pembelian produk terbaru.

"Rangkaian produk terbaru kami yakni White Musk Range telah digunakan sebagai product ambassador kampanye No! Go! Tell! yang membawa misi power in the bottle," ujarnya.

"Dibalik aroma floral dengan sensasi wangi yang menyegarkan, lembut, dan sensual, produk White Musk Range yang ikonik ini menjadi spirit power bagi setiap orang untuk melakukan perubahan baik bagi sekitarnya," lanjut dia.

Untuk itu, dengan melakukan pembelian rangkaian produk ini, setiap orang sudah berkontribusi mendukung kampanye No! Go! Tell! sejumlah Rp 5.000,00 yang akan didonasikan ke Yayasan Pulih sebagai program pencegahan dan pemulihan korban kekerasan seksual.

Baca juga: Mengapa Kita Membutuhkan Undang Undang untuk Melawan Kekerasan Seksual?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.