Kompas.com - 14/07/2021, 20:11 WIB

KOMPAS.com - Selama lebih dari setahun terakhir, vitamin D telah menjadi topik hangat karena manfaatnya dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin D juga disebut mampu mengurangi gejala yang lebih parah akibat infeksi Covid-19.

Sayangnya, tidak semua makanan atau pun sinar matahari dapat memberikan kecukupan kadar vitamin D, sehingga kita perlu mengonsumsi suplemen.

Baca juga: 8 Makanan Sumber Vitamin D, Penting untuk Dikonsumsi

Sementara, kekurangan kadar vitamin D dapat melemahkan respons kekebalan tubuh, dan memicu berbagai efek samping lainnya yang bahkan -mungkin, tidak kita ketahui.

Nah, berikut ini adalah beberapa risiko yang mungkin muncul akibat tidak mengonsumsi suplemen D.

1. Lebih rentan terhadap infeksi

Jika tidak mengonsumsi suplemen vitamin D, kita mungkin mendapati sistem kekebalan tubuh yang tidak bekerja sebaik yang diharapkan.

"Kekurangan vitamin D dikaitkan dengan fungsi kekebalan tubuh yang buruk," kata ahli nutrisi di Sovereign Laboratories, Heidi Moretti, RD.

"Ini terjadi karena vitamin D sangat penting untuk membentuk keseimbangan sel T dengan meningkatkan sel T-regulator, yang menjaga sistem kekebalan tetap sehat," sambung dia.

Di samping itu, vitamin D juga dapat meningkatkan protein yang membantu melawan infeksi yang dikenal sebagai cathelicidin.

2. Meningkatnya risiko kanker

Bagi orang yang memiliki riwayat kanker tertentu dari keluarga, tidak mengonsumsi suplemen vitamin D dapat menempatkan mereka pada risiko yang lebih besar untuk mengalami kanker.

Baca juga: Vitamin D dan Covid-19, Ini Perannya dalam Meningkatkan Imun Tubuh

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.