Kompas.com - 15/07/2021, 08:37 WIB
Ilustrasi kucing menunjukkan bokong
SHUTTERSTOCK/STGEEVESIlustrasi kucing menunjukkan bokong

KOMPAS.com - Ketika kucing peliharaan mendekat, kita mungkin berharap kawan berbulu ini bakal menyundul kita untuk minta dielus atau berbaring manja. Namun, kenyataannya tak selalu demikian.

Bukannya minta dimanja, kadang kucing malah membelakangi kita. Hal itu membuat kita bertanya-tanya, kenapa kucing menunjukkan bokong pada kita.

Sebagian orang menganggap ini sebagai gestur yang tidak sopan atau aneh, tetapi faktanya tak seaneh yang kita pikirkan.

Menurut peneliti kucing sekaligus postdoctoral fellow dari UC Davis School of Veterinary Medicine, Mikel Delgado, kucing menunjukkan bokong bukan bermaksud untuk mengotori kita. Itu justru merupakan cara kucing untuk bersikap baik.

Sebab, perilaku kucing yang satu ini ternyata normal dilakukan pada sesama kucing sebagai bentuk sapaan atau mengonfirmasi identitas satu sama lain.

"Sulit bagi kita untuk memahaminya. Tapi, bau jauh lebih penting bagi kucing dan bisa menjadi cara untuk mengenali satu sama lain alih-alih melalui pengelihatan. Jadi, kucing mungkin mencoba 'mengundang' kita untuk memeriksa kabarnya atau sekadar menyapa," kata Delgado kepada Inverse.

Baca juga: Apakah Kucing Bisa Membedakan Warna?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baru tahu tentang hal ini? Tak perlu sedih, karena orang yang sudah lama memelihara kucing pun mungkin kesulitan memahami berbagai perilaku kucing yang unik.

Kebiasaan kucing menunjukkan bokong ini mungkin jadi salah satu yang paling membingungkan, sekalipun tujuannya sebenarnya baik.

Tak sama seperti anjing, kucing banyak berkomunikasi melalui aroma. Melansir New York Post, ketika kita mengelus kucing, kita sebetulnya tengah berbagi aroma dengan hewan berbulu itu. Sebaliknya, interaksi tersebut juga memungkinkan kucing untuk menempelkan aromanya pada kita.

Kucing pada dasarnya adalah hewan yang bersifat teritorial, maka "aroma bokong" jadi salah satu cara bagi hewan ini untuk mengomunikasikan sesuatu.

Kucing menunjukkan bokong dengan ekor terangkat adalah pertanda sapaan yang paling intim dan menunjukkan kucing memandang kita sebagai seseorang yang bisa dipercaya.

Sebaliknya, jika kucing menurunkan ekornya di sudut rendah, itu mungkin pertanda ketidaknyamanan dengan situasinya.

"Kucing yang menjaga ekornya tetap di bawah dan tidak ingin diendus diibaratkan seperti seseorang yang pemalu sedang menyembunyikan wajah mereka," kata ahli perilaku kucing, Amy Shojai.

Baca juga: Kucing Suka Membawakan Pemiliknya Bangkai, Ternyata Ini Maksudnya



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.