Kompas.com - 21/07/2021, 12:45 WIB
Ilustrasi nyeri datang bulan yang dialami wanita. Dok. iStock/sorrapongIlustrasi nyeri datang bulan yang dialami wanita.

KOMPAS.comMenstruasi merupakan suatu hal yang wajar dalam kehidupan perempuan. Fase ini biasanya mulai dialami wanita ketika menginjak masa remaja.

Dikutip dari Encyclopaedia Britannica (2015), menstruasi atau datang bulan merupakan keluarnya darah dari vagina. Darah tersebut keluar bersamaan dengan lapisan dinding rahim yang luruh.

Luruhnya dinding rahim tersebut adalah akibat dari tidak dibuahi. Hal ini juga menjadi alasan mengapa wanita hamil tidak mesntruasi.

Tidak hanya seputar pendarahan, menstruasi juga merupakan bagian dari proses kesuburan dalam siklus bulanan wanita. Proses ini disebut siklus menstruasi.

Umumnya, wanita mengalami siklus menstruasi selama 28-40 hari. Pada siklus ini, orangtua penting untuk memberikan edukasi, khususnya pada remaja putri yang baru mengalami menstruasi pertamanya.

Baca juga: Usia Berapa Anak Perempuan Masuk Masa Pubertas?

Selain itu, ada beberapa fase dalam siklus menstruasi pada wanita yang perlu sobat Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) ketahui. Berikut ulasannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Fase menstruasi

Fase menstruasi merupakan tahap pertama dari siklus menstruasi. Pada fase ini, lapisan dinding rahim dan sel-sel dinding rahim akan meluruh. Selain darah, vagina juga akan mengeluarkan lendir atau endometrium.

Fase tersebut dimulai sejak hari pertama siklus menstruasi dan berlangsung selama 4-6 hari. Pada umumnya, hari pertama hingga ke-3, darah menstruasi yang keluar akan lebih banyak.

Tidak hanya itu, perempuan yang memasuki fase mentruasi juga akan merasakan nyeri dan kram pada bagian panggul, kaki, dan punggung. Hal ini normal terjadi karena dipicu oleh kontraksi dalam rahim yang membantu meluruhkan endometrium.

Baca juga: Penting bagi Remaja Putri: Mengenal Menstrual Hygiene

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X