Kompas.com - 04/08/2021, 10:32 WIB
Jennifer Aniston adalah seorang aktris berkebangsaan Amerika Serikat. Dia merupakan pemenang Emmy dan Golden Globe film Amerika Serikat. Dok. The TravelJennifer Aniston adalah seorang aktris berkebangsaan Amerika Serikat. Dia merupakan pemenang Emmy dan Golden Globe film Amerika Serikat.

KOMPAS.com - Segelintir orang yang anti vaksin menjadi fenomena sekaligus problema tersendiri untuk penanganan pandemi Covid-19 di seluruh dunia.

Golongan ini enggan divaksin sehingga membuat herd immunity semakin sulit terwujud. Ragam alasan orang-orang ini tidak mau divaksinasi mulai dari penyangkalan akan adanya virus Corona, kecurigaan soal vaksin yang diberikan sampai kepercayaan akan berbagai teori konspirasi yang beredar di luar sana.

Kalangan anti vaksin ini tentunya membuat geram banyak orang, termasuk Jennifer Aniston. Bintang serial Friends ini mengaku telah memutuskan hubungan dengan sejumlah kenalannya akibar perkara vaksinasi.

"Masih ada sekelompok besar orang yang anti-vaxxers atau hanya tidak mendengarkan fakta. Ini benar-benar memalukan," terangnya dalam wawancara baru-baru ini.

Baca juga: Jennifer Aniston: Friends The Reunion Sangat Membekas dalam Hatiku

Sejumlah orang tersebut disebutkan masuk dalam golongan rutinitas mingguannya sehingga rutin bertemu dengannya.

Menurut Jennifer, kenalannya itu bukan hanya menolak vaksinasi namun juga enggan mengungkapkan apakah mereka telah divaksinasi atau belum.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meskipun berpengaruh pada kehidupan sosialnya, ia memilih bersikap tegas karena menilai itu adalah kewajibab moral sekaligus profesional seseorang untuk bersikap terbuka soal status vaksinasinya.

Terlebih, tambah aktris berambut indah ini, tidak semua orang memiliki akses untuk menjalani tes Covid-19 setiap hari.

"Hal ini rumit karena setiap orang berhak atas pendapat mereka sendiri - tetapi banyak pendapat tidak merasa didasarkan pada apa pun. kecuali ketakutan atau propaganda," jelasnya.

Peraih Golden Globe ini memang dikenal vokal mengkampanyekan vaksinasi dan penggunaan masker selama pandemi berlangsung. Ia telah meminta 37,7 juta followersnya di Instagram untuk disiplin menggunakan masker pada Juni lalu.

Baca juga: Orang yang Antivaksin Bisa Membuat Covid-19 Lebih Berbahaya

"Rekomendasi sederhana dan efektif ini dipolitisasi dengan mengorbankan nyawa orang. Dan itu seharusnya tidak menjadi perdebatan," tulisnya dalam salah satu unggahannya.

Ia meminta seluruh dunia untuk berempati pada pasien Covid-19 dan lebih peduli pada kesehatan keluarga serta diri sendiri.

Mantan istri Brad Pitt ini juga tak ragu menunda penayangan reuni serial legendaris yang dibintanginya karena pandemi dan keharuskan menjaga jarak sosial.

"Ini bukan waktu yang aman. Titik. Itulah intinya. Ini bukan waktu yang aman untuk melakukannya," ujarnya tegas soal penundaan yang sempat terjadi itu.

Baca juga: Pentingnya Ibu Hamil Segera Dapat Vaksin Covid-19

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Sumber People
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.