Kompas.com - 23/08/2021, 14:50 WIB
Ilustrasi produk kosmetik Korea shutterstockIlustrasi produk kosmetik Korea
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Saat ini kepopuleran Korean Beauty (K-Beauty) sangat dikenal masyarakat dunia, termasuk di Indonesia. K-Beauty terbilang sukses dalam mengembangkan berbagai variasi kosmetik, mulai dari makeup sampai dengan skincare.

Di balik populernya K-Beauty, terdapat beberapa faktor sukses yang membuatnya dapat diterima berbagai kalangan. Apa saja faktor tersebut?

Menurut Na Sung Min, Strategic Marketing Leader PT Cosmax Indonesia, alasan kesuksesan K-Beauty antara lain keterjangkauan harga produk (Reasonable), inspirasi makeup dan skincare dari Idola (Idol), dan kebutuhan akan produk yang ‘ramah kulit’ (Derma/Dermal).

Yang dimaksud Reasonable adalah harga yang terjangkau dengan kualitas produk yang baik. Tanpa menurunkan kualitas produk, K-Beauty rata-rata berani menawarkan harga yang ‘masuk akal’ agar lebih banyak orang mampu membelinya.

K-Beauty juga gencar berinovasi dalam formulasi dan kemasan untuk mendapat harga produk jadi yang pas. Tak heran, banyak orang kini beralih kepada K-Beauty.

Baca juga: Apa Saja Tren Produk Perawatan Tubuh dan Kosmetik Tahun Ini?

Faktor kedua yang dengan jelas kita rasakan adalah kepopuleran idola dari Korea. Gelombang Korea atau Korean Wave di tanah air diawali salah satunya dengan kepopuleran Korean Drama (K-Drama) dan Korean Pop (K-Pop).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain menjual seni, ktor drama Korea dan para penyanyi juga berusaha tampil rupawan. Mungkin tidak semua orang Korea seganteng atau secantik mereka, tapi yang ditampilkan Korea adalah aktor ataupun penyanyi yang kebanyakan berkulit bersih dan menawan.

Duta dari Korea yang kita kenal sebagai idola atau Idol ini meiliki banyak penggemar di tanah air.

Karena terinspirasi akan penampilan yang dimiliki idol, maka orang juga bertanya-tanya soal rutinitas perawatan kulit serta gaya riasan mereka. Ini menjadi pemicu dimulainya penggunaan produk K-Beauty di Indonesia.

Orang mulai berusaha merawat diri dan berharap mencapai kondisi kulit yang terlihat mulus dan terawat seperti idol dengan menggunakan K-Beauty.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.