Kompas.com - 21/09/2021, 14:11 WIB
Ilustrasi olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh dan pikiran. DOK. PIXABAYIlustrasi olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh dan pikiran.

KOMPAS.com - Memiliki umur yang panjang dan kesehatan yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya tentu menjadi dambaan bagi banyak orang.

Sebenarnya untuk bisa memiliki kesehatan yang prima sehingga kita bisa hidup lebih lama tidak terlalu sulit. Kuncinya adalah menjalani gaya hidup sehat. 

Simak saran beberapa dokter tentang cara termudah yang bisa kita lakukan agar kita bisa berumur panjang, seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That berikut ini.

Baca juga: Ubah Pola Makan, Langkah Kecil demi Hidup Sehat dan Panjang Umur

1. Tidak melewatkan sarapan

Profesor kedokteran di Indiana University School of Medicine, Morton Tavel, MD, mengatakan bahwa sarapan secara teratur dapat meningkatkan potensi umur panjang.

"Mereka yang secara teratur sarapan dapat menikmati umur yang lebih panjang dan merasa lebih mudah untuk mempertahankan berat badan yang ideal," terangnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, pastikan menu sarapan mengandung lebih banyak makanan bergizi seperti buah dan protein yang memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat menunda rasa lapar dan keinginan untuk ngemil.

Protein juga sangat membantu karena tidak hanya memberikan rasa kenyang yang lebih lama, tetapi mampu membakar lebih banyak energi saat dicerna dan menghasilkan lebih sedikit kalori.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk memasukkan sumber protein seperti telur, yoghurt, susu rendah lemak, keju, kacang-kacangan, dan lainnya ke dalam sarapan kita di pagi hari.

Baca juga: Ahli: Protein Bantu Perkuat Imun, Sumbernya Tak Hanya Susu

2. Memakai sunscreen

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.