Kompas.com - 22/09/2021, 18:24 WIB
Jerawat memang mengganggu dan menyakitkan. Maka tak heran jika banyak orang ingin mencari cara menghilangkan jerawat dalam semalam atau secara instan. PEXELS/ANNA NEKRASHEVICHJerawat memang mengganggu dan menyakitkan. Maka tak heran jika banyak orang ingin mencari cara menghilangkan jerawat dalam semalam atau secara instan.

KOMPAS.com - Ada berbagai cara menghilangkan jerawat yang bisa kita praktikkan, baik cara alami maupun menggunakan produk perawatan kulit dan perawatan klinik.

Keberadaan jerawat memang mengganggu. Tak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga terasa tidak nyaman dan beberapa kasus jerawat juga menyakitkan. Maka tak heran jika banyak orang ingin mencari cara menghilangkan jerawat dalam semalam atau secara instan.

Adakah cara menghilangkan jerawat dalam semalam?

Menghilangkan jerawat dalam semalam adalah hal yang tidak mungkin. Sebab, perawatan menghilangkan jerawat butuh waktu untuk bekerja.SHUTTERSTOCK Menghilangkan jerawat dalam semalam adalah hal yang tidak mungkin. Sebab, perawatan menghilangkan jerawat butuh waktu untuk bekerja.
Menurut Medical New Today, menghilangkan jerawat dalam semalam adalah hal yang tidak mungkin. Sebab, perawatan menghilangkan jerawat butuh waktu untuk bekerja.

Bagi sebagian individu, menghilangkan jerawat bisa dilakukan dalam beberapa hari. Namun, sebagian individu lainnya mungkin perlu berminggu-minggu untuk menghilangkan jerawatnya secara sempurna.

Selain itu, kesembuhan jerawat juga bergantung pada seberapa besar dan parah jerawat, serta bagaimana kita merawatnya.

Jika kita memencetnya, misalnya, maka waktu pemulihan jerawat akan lebih lama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 11 Penyebab Jerawat, Stres hingga Salah Pakai Skincare

Cara meredakan jerawat dalam semalam

Cara menghilangkan jerawat dalam semalam memang tidak ada. Namun, kita bisa mencoba meredakannya dalam semalam.FREEPIK Cara menghilangkan jerawat dalam semalam memang tidak ada. Namun, kita bisa mencoba meredakannya dalam semalam.
Cara menghilangkan jerawat dalam semalam memang tidak ada. Namun, kita bisa mencoba meredakannya dalam semalam.

Untuk merawat jerawat baru, American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan:

  • Mencuci wajah dan mengeringkannya dengan lembut menggunakan handuk.
  • Membalut es batu dengan kain, kemudian mengaplikasikannya ke area jerawat selama 5-10 menit. Jeda selama 10 menit, kemudian ulangi perawatan tersebut.
  • Menggunakan produk spot treatment yang mengandung setidaknya 2 persen benzoil peroksida.

Mengulangi langkah-langkah tersebut setiap malamnya bisa membantu meredakan jerawat dalam semalam.

Ketika sudah terbentuk komedo putih atau whitehead, kita bisa mengaplikasikan kpres hangat dengan melakukan langkah berikut:

  • Rendam kain di dalam wadah berisi air panas.
  • Aplikasikan kain ke area jerawat selama 10-15 menit.
  • Ulangi perawatan ini 3-4 kali sehari.

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Alternatif cara menghilangkan jerawat secara alami

Gel lidah buaya memang tidak bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat dalam semalam, tapi bisa membantu meredakannya.SHUTTERSTOCK/SOMMAI Gel lidah buaya memang tidak bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat dalam semalam, tapi bisa membantu meredakannya.
Menurut MedicineNet, selain menggunakan obat atau produk perawatan, kita juga bisa mencoba cara menghilangkan jerawat secara alami, sebagai berikut:

  • Lidah buaya: tanaman ini mengandung anti-peradangan dan antibakterial. Cara menggunakannya, cukup patahkan daun lidah buaya dan aplikasikan gelnya pada area jerawat di malam hari. Biarkan semalaman.
  • Minyak pohon teh: ini adalah salah satu minyak yang paling dikenal untuk mengatasi jerawat. Untuk menggunakannya, larutkan minyak pohon teh dengan minyak pembawa (carrier oil). Gunakan bola kapas untuk menyerap larutan tersebut dan mengaplikasikannya ke area jerawat.
  • Teh hijau: untuk menjadikan teh hijau larutan untuk menghilangkan jerawat, siapkan setengah air yang telah direbus. Kemudian, seduh teh hijau dan biarkan selama lima menit. Setelah itu, ambil kantong teh hijau dan buang. Biarkan air teh terkonsentrasi tersebut dingin, kemudian simpan hingga tiga hari di kulkas. Untuk menggunakannya, ambil larutan dengan bola kapas dan mengaplikasikannya ke area yang berjerawat untuk meredakan peradangan.
  • Daun kemangi segar: pilih daun kemangi segar dan hancurkan dengan jari. Kemudian, oleskan daun yang dihancurkan pada jerawat sehingga minyaknya dapat melapisi jerawat. Lakukan perawatan ini sepanjang hari dan malam hari sebelum tidur. Kemangi memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri.
  • Perasan lemon segar: vitamin C yang terkandung di dalam perasan lemon dapat membantu mengeringkan jerawat. Oleskan perasan lemon segar ke jerawat sepanjang hari dan sebelum tidur di malam hari.
  • Madu dan kayu manis: keduanya memiliki sifat antimikroba. Ambil satu sendok teh kayu manis dan dua sendok makan madu alami. Kemudian, campurkan keduanya dan aplikasikan ke area jerawat.
  • Tomat: air tomat tidak hanya menghilangkan jerawat tetapi juga membantu mencerahkan kulit dan meratakan kulit yang tidak rata.

Baca juga: 8 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Wajah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.