Kompas.com - 29/09/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi bercukur Ilustrasi bercukur
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Rambut yang tumbuh di atas bibir terkadang membuat beberapa wanita merasa tidak percaya diri.

Memang, meski tipis, rambut itu terkadang membuat mereka merasa seperti seorang pria. Karena itulah, tak sedikit wanita yang ingin menyingkirkannya.

Menghilangkan rambut halus itu bisa dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari pergi ke salon kecantikan hingga mencukurnya dengan pisau cukur.

Nah, jika para pria biasanya lebih memilih pisau cukur, untuk para wanita sebaiknya berhati-hati.

Pasalnya, menurut dokter kulit asal New York Kavita Mariwalla dalam salah satu episode podcast Allure, sebaiknya kita tidak menggunakan pisau cukur saat menghilangkan rambut halus di atas bibir.

Apa alasannya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum ke inti permasalahan, Mariwalla mendefinisikan perbedaan antara rambut terminal dan rambut vellus.

Menurutnya, rambut terminal adalah rambut yang biasa ditemukan di area ketiak dan kemaluan, dengan ciri lebih tebal dan lebih kasar daripada rambut tipis di seluruh tubuh kita, termasuk wajah - yang disebut rambut vellus.

“Tapi, jika kita terlalu banyak mencukur, rambut vellus ini bisa berubah menjadi rambut terminal,” ujarnya sambil menjelaskan bahwa hal ini sering terjadi pada wanita di Asia Tenggara dan Timur Tengah.

Baca juga: Mencukur Bikin Bulu Tumbuh Lebih Tebal, Benarkah?

Fenomena yang disebut hipertrikosis atau penebalan rambut ini biasa terjadi di area wajah, bukan area lain seperti kaki. Sebab, folikel rambut wajah cenderung merespons stimulus dan hormon dengan cara yang berbeda dari rambut tubuh.

Halaman:


Sumber allure
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.