Kompas.com - 11/10/2021, 20:40 WIB
Ilustrasi perilaku kucing. SHUTTERSTOCKIlustrasi perilaku kucing.

KOMPAS.com – Bagi para pemilik kucing, tentu tak aneh melihat hewan peliharaan mereka selalu bersemangat mengejar mainan sinar laser.

Ya, meski tidak memiliki bau yang menarik, sangat kecil, dan tidak “nyata,” laser nampaknya lebih membuat kucing tertarik jika dibandingkan dengan mainan lainnya, meski kucing tidak akan pernah bisa menangkapnya.

Lantas, mengapa kucing sangat menyukai laser? Untuk mengetahuinya, simak paparan berikut ini.

Baca juga: Kucing Juga Suka Dengar Musik, Benarkah?

Pesona laser bagi kucing

Laser memang merangsang kucing secara tak langsung, karena mirip dengan mangsa kucing liar yang bergerak cepat.

Mungkin, kucing rumahan sering terlihat malas karena nampak tidak harus bekerja keras untuk mendapatkan makanannya, namun, bukan berarti kucing kita kehilangan insting berburunya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadi, saat titik laser melesat di sekitar ruangan, kucing akan menganggapnya sebagai binatang kecil yang mencoba lari dan bersembunyi. Hal ini membuat perilaku alami dan keinginan untuk berburu, menerkam, dan membunuh mangsanya muncul.

Fakta bahwa itu hanya proyeksi dan bukan hal nyata tidak terlalu penting. Sebab, kucing kita beroperasi dengan autopilot, bukan dengan kecerdasan.

Bagaimana kucing memandang laser?

Ada satu faktor lagi yang menjadi alasan mengapa kucing kita menyukai laser. Dan jawabannya, karena laser terlihat menggoda di mata kucing.

Untuk memahami alasannya, ada baiknya kita memiliki pemahaman dasar tentang cara kerja mata kucing dan perbedaannya dengan mata manusia.

Baca juga: 5 Tips Mencegah Kucing Menggaruk Barang-barang di Rumah

Retina adalah salah satu struktur utama mata yang terdiri dari dua jenis sel utama: batang dan kerucut. Batang berurusan dengan penglihatan cahaya rendah dan mendeteksi gerakan, sementara kerucut membantu mata melihat warna.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.