BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Tak Lagi Sebatas Mimpi, 5 Aktivitas Ini Sudah Bisa Dilakukan Hanya lewat Smartphone

Kompas.com - 20/10/2021, 16:08 WIB
Oppo Reno6 Series 5G siap manjakan pengguna dengan fitur-fitur canggih. Dok. Oppo IndonesiaOppo Reno6 Series 5G siap manjakan pengguna dengan fitur-fitur canggih.

KOMPAS.com – Membuka layar smartphone, menyentuh menu “Panggilan” atau “Kontak”, memilih nomor yang dituju, dan menyentuh simbol telepon. Hanya dengan empat langkah sederhana ini, seseorang bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan lawan bicara yang berada di negara berbeda.

Beberapa dekade lalu, kemudahan itu hanyalah sebatas mimpi. Seiring waktu berjalan, teknologi pun berkembang dan beradaptasi dengan kebutuhan manusia, termasuk pada telepon genggam yang kini berevolusi menjadi smartphone.

Melakukan panggilan telepon hanyalah salah satu fungsi dasar smartphone.

Selain untuk berkomunikasi, teknologi yang tersemat dalam smartphone juga bisa dimanfaatkan untuk membantu memudahkan berbagai kegiatan sehari-hari, termasuk menikmati hiburan. Berikut ulasannya.

1. Mengontrol perangkat elektronik dari jarak jauh

Konsep rumah pintar atau smart home kini menjadi tren baru. Pada konsep ini, perangkat elektronik di rumah sudah terintegrasi dengan jaringan internet melalui WiFi.

Perangkat seperti lampu, televisi, kamera CCTV, kulkas, dan kunci pintu dapat dikontrol melalui sistem yang tersambung dengan internet of things (IoT). Ini berarti, perangkat-perangkat itu bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Adapun salah satu perangkat yang dapat mengakses peralatan smart home adalah smartphone. Cukup memasang aplikasi pengatur sistem smart home di smartphone, segala aktivitas peralatan elektronik bisa dikontrol dalam genggaman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kontrol perangkat smart home melalui ponsel pintar.Dok. Oppo Indonesia Kontrol perangkat smart home melalui ponsel pintar.

Kamu bisa menghidupkan AC dari jarak jauh sebelum sampai di rumah. Sesampai di rumah, udara ruangan bisa langsung dingin.

Bahkan, smartphone bisa pula digunakan untuk membuat jadwal rutin operasional perangkat-perangkat smart home. Canggih bukan?

Baca juga: Sudah Jadi Barang Wajib, Berikut Ragam Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan lewat Smartphone

2. Melakukan transaksi keuangan

Kehadiran teknologi near field communication (NFC) pada smartphone memungkinkan penggunanya melakukan pertukaran data dari jarak dekat. Data yang dapat dibagikan mulai dari kontak, foto, video, hingga dokumen.

Bertransaksi menggunakan fitur NFC di ponsel pintar.Dok. Oppo Indonesia Bertransaksi menggunakan fitur NFC di ponsel pintar.

Selain itu, pengguna juga bisa melakukan transaksi keuangan secara nontunai (cashless). Transaksi ini dilakukan dengan menempelkan smartphone ke mesin sensor NFC. Mesin ini pun sudah disediakan oleh banyak merchant di Indonesia untuk memudahkan pembayaran.

Fungsi lain yang juga menjadi unggulan fitur NFC adalah pengisian dan pengecekan saldo uang elektronik.

Dengan kemudahan itu, pengguna tidak perlu repot menuju mesin anjungan tunai mandiri (ATM) untuk mengisi saldo di kartu uang elektronik yang kini digunakan sebagai alat pembayaran tol dan transportasi publik.

3. Memantau kesehatan dan aktivitas harian

Smartphone sudah dilengkapi teknologi sync wearable yang dapat dikoneksikan dengan perangkat jam pintar, seperti smartwatch atau smartband. Dengan teknologi ini, pengguna smartphone dapat memantau kesehatan yang terekam oleh perangkat jam pintar.

Melacak aktivitas olahraga melalui smartwatch.Dok. Oppo Indonesia Melacak aktivitas olahraga melalui smartwatch.

Seperti diketahui, perangkat jam pintar dilengkapi sensor yang dapat mengukur detak jantung dan kadar oksigen dalam darah (SpO2). Bahkan, perangkat canggih ini juga bisa memantau tahapan kualitas tidur penggunanya.

Selain itu, smartwatch juga dapat mencatat berbagai aktivitas olahraga, seperti joging, bersepeda, berenang, zumba, dan pilates.

Baca juga: Dari Smartband hingga TWS, Ini 3 Kombinasi Perangkat Terkini untuk Dukung Gaya Hidup Kekinian

4. Menghasilkan gambar menarik dengan teknologi augmented reality

Menangkap gambar dan merekam video merupakan dua fungsi dasar yang dimiliki oleh semua smartphone. Fungsi tersebut kini telah meningkat ke level yang lebih tinggi berkat kehadiran teknologi augmented reality (AR).

Teknologi tersebut mampu menggabungkan unsur digital, baik berupa benda dua dimensi maupun tiga dimensi, dengan lingkungan nyata. Kemudian, unsur digital itu dapat diproyeksikan secara real-time.

Menikmati augmented reality di ponsel pintar.Dok. Oppo Indonesia Menikmati augmented reality di ponsel pintar.

Dengan kata lain, teknologi AR dapat memvisualisasikan konsep digital dan menampilkannya di dunia nyata melalui layar smartphone.

Teknologi image processing itu kini juga banyak digunakan di bidang kesehatan, manufaktur, dan interior.

Selain itu, teknologi AR juga disematkan di game online, aplikasi navigasi, dan media sosial, seperti Instagram.

5. Merasakan pengalaman nyata dengan teknologi virtual reality

Virtual reality (VR) adalah teknologi yang mampu menciptakan simulasi layaknya dunia nyata. Tak hanya melihat layar, pengguna teknologi VR juga dapat merasakan pengalaman nyata dan berinteraksi dengan dunia virtual tiga dimensi (3D).

Dengan teknologi tersebut, pengguna smartphone dapat menikmati pemandangan alam atau suasana kota. Selain itu, VR juga bisa menyimulasikan dunia imajinasi, seperti suasana di sebuah kastil atau kerajaan dan arena game.

Baca juga: Biar Makin Gereget, Ini 5 Perangkat Penting yang Perlu Dimiliki Mobile Gamers

Menjelajahi realitas virtual.Dok. Oppo Indonesia Menjelajahi realitas virtual.

Pengalaman tersebut dapat dirasakan dengan bantuan perangkat lain berupa kacamata atau headset yang dihubungkan ke smartphone.

Itulah lima aktivitas yang kini bisa dilakukan melalui smartphone. Meski demikian, aktivitas tersebut hanya bisa dijalankan di sejumlah smartphone canggih yang telah dilengkapi fitur-fitur penunjang

Salah satunya adalah Oppo Reno6 Series 5G. Seri Reno terbaru dari Oppo ini terdiri dari Oppo Reno6 5G dan Oppo Reno6 Pro 5G. Keduanya sudah dilengkapi fitur dan spesifikasi yang dapat menunjang aktivitas masa depan, seperti mengontrol peralatan smart home, tukar data dan transaksi melalui NFC, dan menikmati AR serta VR.

Oppo Reno6 Pro 5G merupakan varian tertinggi dari Oppo Reno6 Series 5G yang dikembangkan dengan desain stylish dan trendi.

Ponsel tersebut dibekali prosesor chipset Snapdragon 870 yang dikombinasikan dengan RAM 12 gigabita (GB) dan memori internal 256 GB.

Oppo Reno6 Pro 5G bisa diandalkan untuk bermain mobile game. (DOK. Oppo Indonesia). Oppo Reno6 Pro 5G bisa diandalkan untuk bermain mobile game.

Oppo Reno6 Pro 5G juga dilengkapi baterai berkapasitas 4.500 mAh dan sudah mendukung fitur fast charging 65W SuperVOOC 2.0. Fitur ini dapat mengisi daya penuh dari posisi kosong dalam 31 menit.

Baca juga: Bebas Lag dan Lemot, Berikut Fitur Gaming yang Wajib Ada di Smartphone

Sementara itu, dari segi fotografi, Oppo Reno6 Pro 5G dibekali kamera depan 32 megapiksel (MP) serta empat kamera belakang, yakni kamera utama 50 MP, kamera ultra-wide 16 MP, kamera telephoto 13 MP, dan kamera makro 2 MP.

Kamera tersebut juga sudah didukung fitur fotografi dan videografi mumpuni, seperti Color Temperature Sensor, Bokeh Flare Portrait Video, dan AI Highlight Video.

Dengan kemampuan itu, pengguna dapat merekam beragam emosi manusia pada momen-momen berharga dan menghadirkan pengalaman video berformat portrait tingkat tinggi.

Smartphone tersebut juga mengusung desain 3D Curved Display dengan layar berukuran 6,5 inci, refresh rate 90 Hertz (HZ), dan touch sampling rate 180 Hz. Dengan spesifikasi ini, pengguna bisa mendapatkan visualisasi terbaik ketika memanfaatkan teknologi AR dan VR.

Selanjutnya, pada Oppo Reno6 5G disematkan chipset MediaTek Dimensity 900 (6nm) yang dikombinasikan dengan RAM 8 GB dan ruang penyimpanan sebesar 128 GB.

Baterainya yang berkapasitas 4.300 mAh sudah didukung fitur fast charging 65W SuperVOOC 2.0. Fitur ini mampu mengisi daya 100 persen dari posisi kosong hanya dalam 28 menit.

Oppo baru saja memperkenalkan Oppo Reno6 5G dan Oppo Reno6 Pro 5G, Sabtu (28/8/2021).Dok. Oppo Oppo baru saja memperkenalkan Oppo Reno6 5G dan Oppo Reno6 Pro 5G, Sabtu (28/8/2021).

Seri tersebut memiliki layar berukuran 6,5 inci dengan refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz. Ponsel ini mampu menghasilkan gambar dengan lebih halus dan nyata.

Pada bagian kamera, Oppo Reno6 5G memiliki sebuah kamera depan 32 MP yang diletakkan di punch hole.

Sementara itu, kamera belakang Oppo Reno6 5G terdiri atas tiga buah kamera, yakni kamera utama 64 MP, kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera makro 2 MP.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Manfaatkan Waktu untuk Asah Skill Fotografi dan Videografi meski Berada di Dalam Rumah

Seperti halnya Oppo Reno6 Pro 5G, kamera Oppo Reno6 5G juga sudah didukung fitur Color Temperature Sensor, Bokeh Flare Portrait Video, dan AI Highlight Video.

Dengan segala kecanggihan fitur dan spesifikasi tersebut, Oppo Reno6 Series 5G sudah mendukung segala aktivitas digital di masa depan. Kamu bisa mengontrol peralatan elektronik smart home dari rumah, menikmati AR dan VR, dan juga mengisi ulang saldo kartu uang elektronik dengan seri Reno terbaru itu.

Sebagai informasi, Oppo Reno6 Pro 5G bisa dibeli dengan harga Rp 10.999.000 dan Oppo Reno6 5G dibanderol dengan harga Rp 7.999.000. Keduanya tersedia di Oppo Gallery, Oppo Store, dan e-commerce terkemuka.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar Oppo Reno6 Series, silakan kunjungi laman resmi Oppo dan media sosial Oppo Indonesia.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.