Kompas.com - 22/10/2021, 12:38 WIB
Batik Madura didominasi oleh kelir merah, hijau, kuning, dan biru DOK. SHUTTERSTOCKBatik Madura didominasi oleh kelir merah, hijau, kuning, dan biru

KOMPAS.com - Miss World Malaysia 2021, Lavanya Sivaji jadi sasaran kemarahan warganet Indonesia karena dianggap mengklaim batik.

Dalam salah satu unggahan Instagram miliknya, ia tengah mengenakan gaun berbahan batik, yang disebutnya dalam keterangan foto berasal dari Malaysia. Hal ini tentunya langsung membuat sejumlah warganet meradang karena ia dianggap mencomot kekayaan budaya Indonesia.

Lavanya Sivaji dianggap tidak memiliki wawasan budaya dan etika, yang seharusnya dikuasainya sebagai perwakilan negaranya dalam kontes kecantikan tersebut.

Belakangan, ia kemudian mengubah caption tersebut dengan kalimat yang lebih netral dan menutup kolom komentar di akunnya.

Tak cukup itu, wanita berkulit sawo matang itu juga menyampaikan ucapan permintaan maaf secara terbuka kepada publik Indonesia. Ia meminta maaf apabila unggahannya menyinggung banyak pihak sekaligus mengakui kata, desain dan sejarah batik berasal dari Jawa.

Baca juga: Kronologi Miss World 2021 Malaysia Klaim Batik, Warganet Meradang

Namun ia juga menyatakan ada banyak negara lain yang mempraktikkan budaya ini termasuk Malaysia, Sri Lanka dan India.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya mengakui kata Batik berasal dari Jawa serta desain dan sejarahnya. Namun, tidak sedikit negara lain yang mempraktekkan unsur budaya tersebut antara lain Malaysia, Sri Lanka, India dengan desain dan motifnya masing-masing." tulisnya dalam foto yang diunggah pada Kamis (21/10/2021) ini.

Benarkah batik ada di banyak negara selain Indonesia?

Educational Scientific and Cultural Organisation (UNESCO) menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk lisan dan non-bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) asal Indonesia pada 2009.

Ketetapan ini sekaligus meresmikan Indonesia sebagai negara pemilik budaya menggambar kain dengan lilin ini.

Hal ini pulalah yang membuat publik kerap heboh apabila ada pemberitaan maupun statement yang menyatakan batik berasal dari negara lain selain di Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.