Kompas.com - 31/10/2021, 09:04 WIB

KOMPAS.com - Jalan kaki 30 menit bisa menjadi pilihan olahraga yang sederhana tapi baik untuk dilakukan jika kita ingin menjaga kebugaran tubuh.

Jika dilakukan secara rutin, jalan kaki 30 menit tak hanya bisa membantu kita menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, tetapi juga menjadi salah satu cara menurunkan berat badan.

Bagi individu yang ingin menurunkan berat badan, mengetahui jumlah kalori yang terbakar dari sebuah rutinitas menjadi hal yang penting agar target berat badan ideal lebih cepat tercapai, termasuk jika memilih jalan kaki 30 menit sebagai aktivitas untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Jalan Kaki 30 Menit Bantu Turunkan Berat Badan, Begini Triknya

Jalan kaki 30 menit membakar berapa kalori?

Jalan kaki 30 menit membakar berapa kalori? Jumlah kalori yang terbakar dengan jalan kaki 30 menit tentu bergantung pada sejumlah faktor, seperti kecepatan, jarak, cara jalan, berat badan, dan intensitas.PEXELS/TIRACHARD KUMTANON Jalan kaki 30 menit membakar berapa kalori? Jumlah kalori yang terbakar dengan jalan kaki 30 menit tentu bergantung pada sejumlah faktor, seperti kecepatan, jarak, cara jalan, berat badan, dan intensitas.
Jadi, jalan kaki 30 menit membakar berapa kalori?

Jumlah kalori yang terbakar dengan jalan kaki 30 menit tentu bergantung pada sejumlah faktor, seperti kecepatan, jarak, cara jalan, berat badan, dan intensitas.

Jalan cepat selama 30 menit diperkirakan dapat membakar sekitar 100-300 kalori atau 200-600 kalori jika melakukannya selama satu jam.

Menurut Verywell Fit, selama jalan kaki 30 menit, tubuh akan membakar cadangan gula sebagai energi. Untuk menjaga tubuh tetap berenergi, setelah 30 menit tubuh akan mulai melepaskan lemak dari sel-sel lemak dan membakarnya sebagai energi.

Nah, lemak yang tertimbun ini lah yang ingin kita hilangkan.

Jalan kaki 30 menit atau lebih setiap hari selama seminggu diperkirakan dapat membakar 1.000-3.000 kalori ekstra total, yang mampu membantu meningkatkan metabolisme.

Jika baru pertama kali membangun rutinitas jalan kaki, mulailah dengan durasi pendek, misalnya 10 menit per hari. Kemudian, tingkatkan durasi dan intensitasnya secara perlahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.