Kompas.com - 25/10/2021, 18:56 WIB
Jalan kaki 30 menit bisa membantu menurunkan berat badan jika dilakukan setiap hari atau setidaknya lima kali dalam seminggu. FREEPIK/JCOMPJalan kaki 30 menit bisa membantu menurunkan berat badan jika dilakukan setiap hari atau setidaknya lima kali dalam seminggu.

KOMPAS.com - Jalan kaki 30 menit bisa membantu menurunkan berat badan jika dilakukan setiap hari atau setidaknya lima kali dalam seminggu.

Aktivitas fisik sederhana, seperti jalan kaki, bisa membantu menurunkan berat badan karena membantu membakar lebih banyak kalori.

Namun, bukan berarti jalan kaki 30 menit selalu bisa memberi efek menurunkan berat badan. Sebab, faktor seperti kecepatan jalan kaki, jarak tempuh, medan yang ditempuh, serta pola makan dan gaya hidup secara keseluruhan juga memengaruhi efektivitasnya.

Baca juga: 6 Manfaat Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan

Berapa kalori terbakar jika jalan kaki 30 menit?

Berapa banyak kalori yang dibakar dengan jalan kaki 30 menit? Ini juga bergantung pada beberapa faktor, termasuk intensitas dan durasi.SHUTTERSTOCK Berapa banyak kalori yang dibakar dengan jalan kaki 30 menit? Ini juga bergantung pada beberapa faktor, termasuk intensitas dan durasi.
Jadi, berapa banyak kalori yang dibakar dengan jalan kaki 30 menit?

Menurut MedicineNet, jalan cepat selama 30 menit kira-kira menjangkau jarak tempuh sekitar 2,4-3,2 km.

Jika dilakukan sebagai rutinitas harian, jalan kaki 30 menit diperkirakan bisa membakar sekitar 100 kalori. Namun, pastikan kecepatan jalan kaki sudah cukup cepat untuk meningkatkan detak jantung hingga 70 persen detak jantung maksimal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagaimana mengetahuinya? Alat-alat kebugaran yang tersedia di pasaran, seperti gelang kebugaran, memiliki fitur untuk membantu kita mengukur detak jantung dan informasi kebugaran lainnya. Misalnya, jumlah langkah atau jarak tempuh.

Jalan cepat bisa masuk ke dalam kategori olahraga intensitas moderat. Dianjurkan untuk menargetkan 30-90 menit per sesinya.

Waktu dan frekuensi jalan kaki bisa disesuaikan dengan aktivitas harian kita masing-masing. Namun, pastikan total durasi jalan kaki tak kurang dari 150 menit per minggu untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Namun, jika baru membangun rutinitas jalan kaki, kita bisa memilainya dengan berjalan kaki sekitar 10 menit per hari, kemudian secara bertahap meningkatkan durasinya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.