Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips agar Berat Badan Tidak Cepat Naik Saat Lebaran

Kompas.com - 10/04/2024, 08:38 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Gulf News

KOMPAS.com - Momen perayaan Lebaran tidak lengkap rasanya tanpa hidangan khas yang lezat untuk dinikmati bersama dengan keluarga dan orang-orang tercinta.

Tidak heran, banyaknya makanan yang tersaji saat Lebaran bisa membuat berat badan kita bertambah dengan cepat.

Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, simak beberapa tips yang dilansir dari laman Gulf News, pada Rabu (10/4/2024).

Tips menjaga berat badan saat Lebaran

1. Tidak makan secara berlebihan

Ahli gizi klinis yang berbasis di Dubai, Mitun De Sarkar mengatakan, setelah sebulan berpuasa, sistem pencernaan dan lambung melakukan penyesuaian untuk tidak mengonsumsi makanan atau cairan dalam jangka waktu yang lama.

Ada kemungkinan cairan lambung, seperti asam lambung dan sekresi empedu, tidak diproduksi dalam jumlah normal seperti yang seharusnya terjadi pada pola makan biasa.

Penyesuaian ini dilakukan oleh tubuh selama bulan puasa untuk mengatasi kekurangan makanan dan cairan.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa ketika konsumsi makanan biasa dilanjutkan, kita harus berhati-hati agar tidak mengejutkan sistem.

"Transisi ke waktu makan normal harus dilakukan secara bertahap, sehingga mengontrol porsi sangat penting ketika menyantap hidangan saat Lebaran," terangnya.

Baca juga: 5 Tips Mencegah Berat Badan Naik Setelah Lebaran

2. Hitung kalori

De Sarkar mengungkapkan bahwa penting untuk mengontrol asupan kalori saat Lebaran.

"Selama Idul Fitri, ketika orang-orang sudah tidak lagi berpuasa, yang terbaik adalah memulai dengan asupan yang sama seperti yang biasa dikonsumsi tubuh selama bulan Ramadhan," katanya.

Selain itu, kita juga dapat menghitung rata-rata konsumsi mingguannya dan menargetkan jumlah yang sama untuk beberapa minggu ke depan.

"Setelah dua minggu, kita dapat menambahkan 200 kalori ekstra menjadi 400 atau 500 kalori. Penambahan kalori secara perlahan ini dapat menggantikan makanan yang kita lewatkan selama Ramadhan," saran De Sarkar.

3. Kunyah makanan dengan baik

Konsumsilah tiga kali makan sehari, yang mengandung protein serta karbohidrat kompleks dengan serat tinggi seperti sayuran, dan waktu makan harus diatur dengan tepat untuk menyediakan bahan bakar bagi tubuh dan otak kita.

Dokter spesialis gastroenterologi di Rumah Sakit Khusus NMC, Abu Dhabi, Dr Yogesh Shastri menganjurkan untuk makan secara perlahan, mengunyah setiap makanan dengan baik, guna memastikan pencernaan yang lebih baik.

Selain itu, kita juga harus berkonsentrasi pada kegiatan makan daripada menggabungkannya dengan membaca, menonton televisi atau berinteraksi di media sosial.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com