Kompas.com - 06/12/2021, 13:54 WIB
Ilustrasi berciuman oneinchpunchIlustrasi berciuman

KOMPAS.com - Wanita cenderung lebih menyukai pria yang bertubuh lebih tinggi, ketika berkaitan dengan romansa.

Ada semacam sikap sosial yang menilai pasangan terlihat ideal jika pihak pria bertubuh lebih tinggi dibandingkan pasangannya.

Pria bertubuh jangkung dianggap lebih menarik dan gagah, dibandingkan yang pendek. Sementara itu, kebanyakan wanita merasa lebih terlindungi apabila fisik pasangannya lebih menjulang.

Didukung oleh hormonal dan kondisi biologisnya, kaum pria umumnya memang bertubuh lebih tinggi dibandingkan wanita. Namun sebenarnya ini tidak mempengaruhi kesuksesan hubungan maupun sikapnya sebagai pasangan.

Alasan wanita secara psikologis menyukai pria lebih tinggi

Fenomena sosial yang membuat wanita cenderung menyukai pria yang lebih tinggi berlaku nyaris di semua negara tanpa terkecuali. Preferensi ini bahkan sudah diterapkan sejak ratusan tahun yang lalu.

Secara evolusi, pria jangkung lebih disukai oleh wanita karena umumnya mereka juga lebih kuat dan lebih unggul dalam berburu dan lebih mampu menangkal ancaman fisik terhadap keluarganya.

Karena lebih kuat, mereka juga kerap memiliki pengaruh dan kekuasaan lebih besar.

Meski di jaman modern hal tersebut tidak lagi menentukan kesuksesan hidup seseorang, namun anggapan ini rupanya masih tertanam.

Hal ini juga telah diteliti oleh tiga psikolog asal Belanda, Gert Stulp, Abraham Buunk, dan Thomas Pollet pada tahun 2013. Penelitian dilakukan pada 650 mahasiswa dengan orientasi heteroseksual.

Hasil riset menyebutkan, secara umum, wanita lebih cenderung berpikir bahwa pria harus lebih tinggi darinya. Kebanyakan wanita juga tidak ingin berada dalam hubungan di mana mereka bertubuh lebih tinggi dari pasangannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.