Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2021, 13:54 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wanita cenderung lebih menyukai pria yang bertubuh lebih tinggi, ketika berkaitan dengan romansa.

Ada semacam sikap sosial yang menilai pasangan terlihat ideal jika pihak pria bertubuh lebih tinggi dibandingkan pasangannya.

Pria bertubuh jangkung dianggap lebih menarik dan gagah, dibandingkan yang pendek. Sementara itu, kebanyakan wanita merasa lebih terlindungi apabila fisik pasangannya lebih menjulang.

Didukung oleh hormonal dan kondisi biologisnya, kaum pria umumnya memang bertubuh lebih tinggi dibandingkan wanita. Namun sebenarnya ini tidak mempengaruhi kesuksesan hubungan maupun sikapnya sebagai pasangan.

Alasan wanita secara psikologis menyukai pria lebih tinggi

Fenomena sosial yang membuat wanita cenderung menyukai pria yang lebih tinggi berlaku nyaris di semua negara tanpa terkecuali. Preferensi ini bahkan sudah diterapkan sejak ratusan tahun yang lalu.

Secara evolusi, pria jangkung lebih disukai oleh wanita karena umumnya mereka juga lebih kuat dan lebih unggul dalam berburu dan lebih mampu menangkal ancaman fisik terhadap keluarganya.

Karena lebih kuat, mereka juga kerap memiliki pengaruh dan kekuasaan lebih besar.

Meski di jaman modern hal tersebut tidak lagi menentukan kesuksesan hidup seseorang, namun anggapan ini rupanya masih tertanam.

Hal ini juga telah diteliti oleh tiga psikolog asal Belanda, Gert Stulp, Abraham Buunk, dan Thomas Pollet pada tahun 2013. Penelitian dilakukan pada 650 mahasiswa dengan orientasi heteroseksual.

Hasil riset menyebutkan, secara umum, wanita lebih cenderung berpikir bahwa pria harus lebih tinggi darinya. Kebanyakan wanita juga tidak ingin berada dalam hubungan di mana mereka bertubuh lebih tinggi dari pasangannya.

Kebetulan, berdasar riset, pria yang tinggi lebih mungkin memenangkan kontes, misalnya dalam pemilihan presiden (Stulp, 2013).

Bukan berarti mereka selalu lebih pintar, namun potensi kepemimpinan mereka mungkin ada hubungannya dengan fakta bahwa pria jangkung cenderung lebih percaya diri, lebih bahagia, dan cenderung tidak merasa cemburu terhadap pria lain.

Kepercayaan diri, mudah bekerja sama, dan kebahagiaan membuat seseorang lebih mudah sukses. Dan wanita mana yang tidak suka pria sukses kan?

Kaum pria sendiri, walaupun suka menjadi lebih tinggi dari pasangannya, namun tidak terlalu peduli dengan perbedaan tinggi badan, seperti halnya wanita.

Pria paling puas dengan wanita yang sedikit lebih pendek dari mereka, sekitar 7,5 cm. Sedangkan wanita paling puas ketika selisih tinggi dari pasangannya sekitar 20 cm. 

Baca juga: Selebritas Wanita yang Lebih Tinggi dari Pasangannya, Tetap Romantis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com