Kompas.com - 14/12/2021, 11:33 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ketika harus meninggalkan anak di rumah sendirian untuk pertama kalinya, banyak orangtua bingung dan ragu apakah anak mereka sudah siap.

Sebab, meninggalkan anak-anak di rumah sendirian tanpa orangtua atau pengasuh adalah langkah besar untuk meletakkan tanggung jawab pada anak-anak.

Dan ini adalah kesempatan bagi anak-anak untuk membuktikan bahwa mereka pantas mendapatkan kepercayaan yang telah diberikan orangtua kepada mereka.

Pada usia berapa anak-anak sudah bisa ditinggal sendirian, bergantung pada tingkat kenyamanan orangtua dan anak-anak, serta tingkat kedewasaan yang ditunjukkan anak-anak.

Lebih lanjut, berikut ini terdapat beberapa cara bagi orangtua untuk mengetahui apakah anak-anak mereka sudah bisa ditinggal di rumah sendirian.

1. Anak-anak sudah tidak takut sendiri

Pertama dan terpenting, orangtua perlu memastikan bahwa anak-anak mereka sudah tidak takut dengan gagasan ditinggal sendirian di rumah atau mengalami masalah ditinggal sendirian secara umum.

Jika ada keragu-raguan di pihak anak-anak, maka ini bukan waktunya untuk meninggalkan mereka sendirian di rumah.

Bagi anak-anak yang telah melalui uji coba ditinggalkan di rumah untuk waktu yang singkat hingga lebih lama dan merasa benar-benar nyaman, itu adalah tanda bahwa anak-anak siap untuk ditinggalkan sendirian di rumah.

Menurut Children's Hospital of Pittsburg, untuk memastikan tidak ada rasa takut, situasi yang berbeda harus dijalankan.

Sehingga, jika sesuatu yang tidak terduga terjadi, anak-anak tahu apa yang harus dilakukan ketika orangtua tidak ada untuk menangani situasi bersama mereka.

Baca juga: 7 Cara Membantu Anak Pemalu Jadi Lebih Berani

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.