Kompas.com - 24/12/2021, 10:52 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, mungkin menonton konser merupakan kegiatan yang tak bermanfaat dan hanya membuang-buang uang saja.

Namun, siapa sangka yang terjadi malah sebaliknya?

Ya, konser rupanya dapat membawa manfaat bagi kesehatan kita.

Konser dapat memberi kita energi dan kegembiraan yang hanya bisa kita dapatkan dari pengalaman itu. Tak hanya itu, konser juga cenderung menyatukan kita dan orang-orang yang satu frekuensi, dan menciptakan rasa persatuan serta kebahagiaan.

Bahkan menurut sebuah studi baru, semakin sering kita pergi ke konser, semakin panjang pula umur kita.

Studi yang dilakukan oleh O2, sebuah perusahaan yang memiliki beberapa venue musik terbesar di Inggris tersebut menunjukkan bahwa jika kita sering menghadiri konser, kemungkinan besar kita akan hidup lebih lama.

Jika dipikirkan, nampaknya hasil studi tersebut memang tak mengada-ngada. Pasalnya, demi festival musik seperti Coachella atau Ultra, tak jarang orang-orang yang menghadirinya akan mempersiapkan diri selama berbulan-bulan sebelumnya dengan berolahraga rutin dan makan yang cukup.

Tujuannya, tentu agar mereka terlihat bugar dan cocok dalam outfit festival mereka.

Konser musik seperti ini biasanya memang digelar pada musim semi atau musim panas, saat keadaan super panas. Hasilnya, orang-orang akan mengeluarkan keringat saat menari dan berlari, membakar kalori sekaligus mengeluarkan endorfin.

Kembali ke studi, menurut laporan Independent, penelitian yang dilakukan O2 bersama Associate Lecturer dari Goldsmith University, Patrick Fagan, menemukan bahwa berada di konser selama 20 menit saja dapat meningkatkan well-being (kesejahteraan) seseorang.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber yourtango
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.