Kompas.com - 17/01/2022, 12:58 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Di usia balita, anak cenderung aktif bermain dan berlarian ke sana kemari.

Ketika bermain, kita sebagai orangtua berinisiatif memakaikan sepatu pada anak agar ia tidak menginjak pecahan kaca atau benda berbahaya lain di permukaan tanah.

Akan tetapi, menurut para ahli, anak di bawah lima tahun perlu lebih sering bertelanjang kaki. Mengapa demikian?

Better Health Channel Australia melaporkan, mayoritas balita harus bertelanjang kaki atau menggunakan sepatu bersol lembut ketika mereka belajar berjalan.

Hal ini membantu anak mengetahui bagaimana rasanya berjalan dengan kaki, membantu anak merasakan tanah lebih baik, dan mengembangkan kekuatan otot di jari kaki dan kakinya.

Oleh karenanya, biarkan anak tidak memakai sepatu kapan pun ia berada di dalam rumah atau di tempat yang memungkinkan anak untuk bertelanjang kaki.

Tapi perlu diingat, fungsi sepatu adalah melindungi kaki balita dari permukaan yang bersuhu ekstrem atau barang-barang yang dapat menyebabkan kakinya cedera.

Orangtua perlu mempertimbangkan apakah lokasi anak bermain adalah tempat yang aman atau tidak, sehingga ia bisa bermain tanpa sepatu atau harus menggunakan sepatu.

Bisa menyebabkan masalah pada anak

Banyak ahli yang mengatakan bahwa sepatu dapat menyebabkan masalah yang lebih besar pada anak.

Kebanyakan sol sepatu relatif kaku. Akibatnya, sepatu anak kurang fleksibel untuk menopang kaki saat anak memanjat, berlari, atau melompat.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.