Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2022, 22:28 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kesehatan mental menjadi isu yang serius di era sekarang ini. Banyak orang, khususnya generasi muda yang masih belum menyadari perlunya menjaga kesehatan mental.

Padahal di masa pandemi, kesehatan fisik dan mental sama-sama penting.

"Ketika pandemi, kita mulai concern sama masalah stres dan anxiety. Ini semua berdampak banget ke seluruh aspek kehidupan kita."

Demikian dijelaskan Iman Sadeqh, Strategic Planner Creative Tribe dalam konferensi pers Ajang "Pelarian Peduli Isu Kesehatan Mental Kaum Muda" yang diadakan di SANA Kopi, Jakarta pada Rabu (19/1/2022).

"Cuma memang enggak semua pihak bisa menyadari itu."

Kadang-kadang kita merasa hidup kita baik-baik saja, tapi sebenarnya ada sesuatu yang kita simpan dan itu bisa meledak. Kalau sudah meledak ini yang bahaya," imbuhnya.

Berangkat dari hal itulah, Iman bersama tim di startup creative marketing Creative Tribe kemudian membuat kampanye terbuka bertajuk "Pelarian".

Kampanye "Pelarian" menyasar generasi milenial dan generasi Z untuk lebih sadar akan isu kesehatan mental melalui ajang berlari bersama sehari sebelum Hari Kasih Sayang yang jatuh pada 14 Februari.

"Di masa pandemi ini orang butuh banget pelarian. Makanya, kita jadikan aktivitas ini namanya 'Pelarian'," terang Iman.

Menurut Iman, kampanye "Pelarian" dilatarbelakangi oleh kebiasaan berlari yang sudah menjadi bagian dari budaya modern sehari-hari kaum muda.

"Kenapa formatnya berlari, karena olahraga ini yang paling mudah dilakukan siapa saja."

Melalui kampanye ini, Iman berharap agar masyarakat bisa meningkatkan kesehatan fisik dengan berlari sekaligus menjaga kesehatan mental dan menjauhkan diri dari stres, kecemasan, dan depresi.

"Siapa saja bisa ikut serta, semaunya mau gaya lari nyeker, pakai sepatu, yang penting semua sama-sama lari dengan tujuan yang sama."

"Apa yang mau kita lariin adalah membuang all those bad energies dan mudah-mudahan bisa menyedot balik all those positive energies," sebut Iman.

Ajang Pelarian digagas Creative Tribe dengan menggandeng sejumlah komunitas, yakni HatiPlong, Dash Sports, SANA, Runhood, Voltandfast, OTSS, JSD, BKR Brothers, Muse Media Id, Syndicate TV dan Vox Populi Publicists.

Baca juga: Ingin Ikut Ajang Lari? Simak Tips untuk Mempersiapkannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com