Kompas.com - 07/03/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Seorang penyelam bebas atau freediver asal Kroasia berhasil memecahkan rekor dunia Guinness World Records dengan berjalan kaki sejauh 110 meter di bawah air.

Pihak Guinness World Records mengatakan, penyelam bernama Vitomir Maricic itu telah mencatatkan rekor berjalan di bawah air terpanjang dalam sekali tarikan napas.

Maricic — yang menyelesaikan perjalanannya dalam 3 menit dan 6 detik — pun mengaku tidak perlu melakukan banyak latihan untuk mendapatkan rekor tersebut.

Sebab, dia sudah menjadi penyelam bebas yang ulung dan ahli dalam dynamic apnea atau seni menahan nafas saat bergerak.

Baca juga: Pria 23 Tahun Pecahkan Rekor Dunia Jalan Kaki 99 Meter di Bawah Air

"Sebagai seorang penyelam bebas profesional, saya tidak perlu mempersiapkan diri sebanyak itu untuk rekor menahan napas," kata dia kepada Guinness.

Rencananya, dia juga akan memecahkan rekor dunia terkait menahan napas di air, termasuk memperbaiki prestasi berjalan bawah airnya sendiri.

"Saya bisa melakukan lebih banyak lagi, tetapi ini adalah acara langsung jadi saya ingin berhati-hati dan tepat," ujar dia

Rekor sebelumnya sempat dipegang oleh sesama penyelam bebas Kroasia yakni Boris Milosic, yang berjalan sejauh 95,9 meter pada Maret 2020.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber UPI
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.