Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Negara Paling Bahagia di Dunia Tahun 2022, Finlandia "Juara"

Kompas.com - 19/03/2022, 17:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 mungkin membuat banyak kehilangan dan ketidakpastian di dunia ini.

Namun, dari sekian banyak berita buruk akibat Covid-19, masih ada kabar baik dari aspek kemanusiaan yakni meningkatnya perbuatan kebajikan atau kebaikan di seluruh dunia.

Itu juga yang menjadi temuan kunci dari World Happiness Report, sebuah publikasi Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB yang mengacu pada data survei global dari orang-orang di sekitar 150 negara.

Baca juga: 8 Konsep Kebahagiaan dari Negara Paling Bahagia di Dunia, Mau Coba?

Menandai hari jadinya ke 10 tahun, laporan tersebut melihat kebahagiaan di seluruh dunia, terutama negara-negara paling bahagia dan faktor apa saja yang cenderung mengarah pada kebahagiaan yang lebih besar.

"Kejutan besarnya adalah bahwa secara global, dengan cara yang tidak terkoordinasi, telah terjadi peningkatan yang sangat besar dalam ketiga bentuk kebajikan yang ditanyakan dalam Gallup World Poll."

Demikian penuturan John Helliwell, salah satu dari tiga editor pendiri World Happiness Report dan Profesor Emeritus di Vancouver School of Economics, University of British Columbia kepada CNN Travel.

Menurut dia, kegiatan menyumbang untuk amal, membantu orang asing, dan menjadi sukarelawan semuanya meningkat dengan jumlah yang sangat besar di semua wilayah di dunia dalam kurun waktu 2020 hingga 2021.

Negara-negara Nordik paling bahagia

Menurut peringkat World Happiness Report yang sebagian besar didasarkan pada evaluasi kehidupan dari Gallup World Poll, Finlandia adalah negara paling bahagia di dunia selama lima tahun berturut-turut.

Baca juga: 5 Keindahan Maluku Utara, Provinsi dengan Penduduk Paling Bahagia

Selain itu, negara-negara Nordik lainnya seperti Denmark, Norwegia, Swedia, dan Islandia semuanya juga dikatakan sebagai negara yang paling bahagia di dunia.

Sebab, negara-negara tersebut mendapatkan skor sangat baik dalam ukuran yang digunakan laporan untuk menjelaskan temuan ini. 

Ukuran tersebut yakni harapan hidup sehat, PDB per kapita, dukungan sosial di saat-saat sulit, korupsi rendah, kepercayaan sosial dan kedermawanan yang tinggi, serta kebebasan membuat keputusan penting dalam hidup.

Setelah Finlandia pada posisi pertama, Denmark menyusul di peringkat kedua. Kemudian diikuti oleh Islandia di peringkat ketiga, lalu ada Swedia dan Norwegia duduk di peringkat ketujuh dan kedelapan.

Sementara negara-negara di Eropa seperti Swiss, Belanda, dan Luksemburg mengambil tempat di peringkat keempat hingga enam.

Selanjutnya Israel masuk di peringkat kesembilan dan Selandia Baru melengkapi 10 besar.

Lalu, Kanada ada di nomor 15, Amerika Serikat di nomor 16, dan Inggris di nomor 17 yang semuanya masuk ke dalam 20 besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com