Kompas.com - 29/04/2022, 11:40 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Berlian biru terbesar di dunia yang sempat dilelang beberapa waktu lalu telah terjual seharga 450.925.000 dolar Hongkong atau sekitar Rp 834 miliar.

Dinamakan "The De Beers Cullinan Blue," permata step-cut 15,10 karat besar yang ditawarkan di rumah lelang Sotheby's di Hong Kong itu terjual setelah adanya perang penawaran selama delapan menit yang melibatkan empat orang pembeli.

Akhirnya, lelang tersebut dimenangkan oleh seorang pembeli anonim melalui sambungan telepon dengan jumlah yang melampaui perkiraan harga awal sebesar 48 juta dolar AS atau sekitar Rp 696 miliar.

Berlian langka ini ditemukan di tambang Cullinan Afrika Selatan pada tahun 2021 lalu, dan langsung meraih peringkat tertinggi dalam penilaian berlian berwarna.

Sotheby's, Gemological Institute of America (GIA) mengklasifikasikan permata itu sebagai "fancy vivid blue" alias tingkat warna teratas yang diberikan kepada tidak lebih dari 1 persen berlian biru yang diserahkan ke organisasi tersebut.

The De Beers Cullinan Blue The De Beers Cullinan Blue
Menggambarkan berlian itu sebagai "sangat langka," Sotheby menambahkan bahwa hanya ada lima permata lebih dari 10 karat yang pernah muncul di lelangnya dan tidak ada yang lebih dari 15 karat.

Karena itu, kehadiran permata satu ini menjadi salah satu peristiwa bersejarah dalam dunia lelang.

Dengan harga akhir sebesar 57.471.960 dolar AS (834.262.971.360 rupiah), The De Beers Cullinan Blue ini hampir memecahkan rekor berlian biru termahal yang pernah dijual di lelang.

Hingga kini, gelar itu masih dipegang oleh "Oppenheimer Blue" 14,62 karat, yang terjual dengan harga akhir yang hanya memiliki sedikit selisih saja dengan De Beers Cullinan Blue.

Ya, berlian yang dilelang pada tahun 2016 itu berhasil terjual dengan selisih harga di bawah 70.000 dolar dari De Beers Cullinan Blue, tepatnya 57.541.779 dolar AS (835.276.463.964 rupiah).

"Ini benar-benar batu yang hanya ada satu kalii dalam satu generasi, dan berlian ini merupakan berlian biru terbesar yang pernah saya lihat,” ujar Presiden Sotheby’s Asia, Patti Wong, dalam pernyataan yang sama.

Baca juga: The Enigma, Berlian Hitam dari Luar Angkasa Dijual Seharga Rp 97 M

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.