Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disangka Batu Biasa, Pasangan Ini Temukan Berlian Kuning 4,38 Karat

Kompas.com - 08/10/2021, 08:37 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Pasangan suami istri asal California, Michael dan Noreen Wredberg baru-baru ini mendapatkan kejutan yang menyenangkan.

Keduanya tidak sengaja menemukan batu berlian kuning seberat 4,38 karat ketika sedang mengunjungi Crater of Diamonds State Park di Arkansas, Amerika Serikat pada 23 September 2021.

Awalnya, Noreen mengira permata seukuran jellybean itu hanya sekedar batu biasa. Ia memungutnya karena bentuknya unik dan kondisinya yang bersih serta berkilau.

"Saya tidak tahu itu berlian, tapi itu bersih dan berkilau, jadi saya mengambilnya," ujarnya, dikutip dari CNN.

Belakangan petugas taman tersebut mengkonfirmasi jika batu yang ditemukannya itu adalah permata berharga. Hal ini dipastikan setelah melalui pemeriksaan menyeluruh termasuk pengamatan menggunakan mikroskop.

Baca juga: 3 Selebritas ini Pernah Kenakan Fancy Yellow, Berlian Kuning Terbesar di Dunia

Berlian kuning itu berukuran kecil, hanya sebesar permen rasa buah yang biasa dimakan anak-anak. Namun bentuknya berupa buah pir dengan warna kekuningan seperti buah lemon.

"Ketika saya pertama kali melihat berlian ini di bawah mikroskop, saya berpikir, 'Wow, bentuk dan warnanya yang indah,'" kata Caleb Howell, inspektur yang bertugas di taman tersebut.

Tidak jelas berapa nilai berlian kuning itu karena petugas tidak melakukan penilaian. Namun yang pasti nilainya sangat tinggi apabila diolah dan dijadikan perhiasan.

Area wisata

Crater of Diamonds State Park Arkansas adalah area wisata berupa situs penggalian batu permata yang dibuka untuk publik. Setiap pengunjung bisa menikmati aktivitas mencari berlian maupun berbagai fasilitas yang tersedia di taman seluas 369 hektar itu.

Setiap pengunjung diizinkan memiliki batu permata apapun yang mereka miliki, termasuk berlian. Sejak dibuka tahun 1906 lalu, setidaknya ada 75.000 berlian yang telah ditemukan oleh para pengunjung taman ini.

Sepanjang tahun 2021, ada 258 berlian yang telah ditemukan, yang beratnya jika ditotal mencapai 46 karat.

Baca juga: Jadi Simbol Keabadian, Pahami Dulu 6 Jenis Potongan Berlian Ini Sebelum Lamaran

Meski demikian, tidak semua pengunjung selalu sukses membawa pulang batu permata, apalagi berlian kuning seperti kepunyaan pasangan Wredberg.

Pasangan ini tergolong beruntung karena bisa menemukannya dalam waktu kurang dari satu jam. Mereka hanya berniat mampir sebentar setelah mengunjungi Taman Nasional Hot Springs yang berada tak jauh dari lokasi.

Meski demikian, Waymon Cox, petugas Diamond Park mengatakan cuaca dan kondisi taman ketika pasangan itu berkunjung memang sangat ideal untuk mencari berlian.

Area publik itu diguyur hujan selama berhari-hari sebelumnya dan matahari baru bersinar dengan teriknya.

"Ketika hujan menyingkap berlian yang lebih besar dan matahari muncul, permukaan reflektifnya seringkali mudah dilihat," kata Cox.

Baca juga: Berlian Terbesar Ketiga di Dunia Ditemukan di Botswana 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com