Kompas.com - 13/05/2022, 09:09 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sejak beberapa waktu belakangan dunia digemparkan oleh penyakit hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak di sejumlah negara.

Kasus tersebut ditemukan pertama kalinya di Inggris sekitar awal April lalu, disusul berbagai negara lain, termasuk Indonesia.

Tak sedikit ahli yang menduga jika kasus hepatitis akut pada anak sudah mulai mencuat sejak Oktober tahun lalu di wilayah Alabama, AS.

Sampai sekarang, para ahli masih menginvestigasi penyebab hepatitis akut misterius ini.

Menurut spesialis mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr dr Budiman Bela, SpMK(K), adenovirus dan SARS-CoV-2 dicurigai sebagai penyebab dari penyakit tersebut.

"Adenovirus tipe 41 diperkirakan sebagai salah satu pemicu hepatitis akut berat yang tidak diketahui penyebabnya."

Begitu pemaparan Budiman dalam webinar "Infeksi Emerging: Hepatitis Akut Berat yang Belum Diketahui Penyebabnya" pada Kamis (12/5/2022) sore.

Namun dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Budiman beserta tim di laboratorium FKUI, belum ditemukan adanya adenovirus 41 pada sampel hepatitis akut.

"Tidak ditemukan adenovirus tipe 41. Kami memperkirakan, bisa saja karena hanya melakukan pengambilan sampel plasma, bukan whole blood."

Ditambahkan olehnya, karena pasien dalam hal ini adalah anak-anak yang sudah meninggal dunia, hanya sampel plasma yang dapat diperiksa.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.