Kompas.com - 27/06/2022, 13:45 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Akses layanan atau perawatan kesehatan mental yang baik di suatu negara menjadi hal yang penting untuk mendukung kesehatan mental warganya.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kesehatan mental adalah keadaan sejahtera di mana seorang individu menyadari kemampuannya untuk dapat mengatasi tekanan hidup yang normal, dapat bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitas mereka.

Tetapi, negara mana yang paling baik dalam menjaga kesehatan mental warganya?

Seorang spesialis asuransi kesehatan internasional, William Russell pun telah membuat peringkat 26 negara OECD (Organization of Economic Co-operation and Development), yang mempertimbangkan beberapa faktor yang terkait dengan mempromosikan kesejahteraan psikologis.

Ini termasuk keseimbangan kehidupan kerja, lingkungan, jumlah ruang hijau, dan pengeluaran publik untuk perawatan kesehatan mental.

"Setiap negara diberi skor normal dari sepuluh untuk setiap faktor, sebelum mengambil rata-rata di semua faktor untuk mencapai skor akhir kami dari sepuluh," jelas Russell.

Dengan skor 7,13, Swedia berada di puncak daftar negara dengan layanan kesehatan mental paling baik.

Setelah itu ada Jerman dengan 6,60 dan Finlandia dengan 6,47. Kemudian peringkat selanjutnya diduduki oleh Prancis yang memiliki skor 6,40.

Dengan skor 3,30, 2,07, dan 1,60, Polandia, Chili, dan Islandia berada di urutan terakhir.

Ada pun Swedia menempati urutan pertama berkat ruang hijaunya. Negara ini menjadi tuan rumah bagi hutan konifer yang rimbun, yang menyediakan lingkungan sempurna untuk relaksasi dan kesejahteraan mental.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.