Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2022, 12:34 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Pada umumnya, desain ponsel terlihat standar dan begitu-begitu saja. Namun ada satu brand yang selalu berusaha menonjolkan desain di samping fungsi dan performa produknya. Brand itu adalah Realme.

Smartphone Realme biasanya memiliki casing belakang yang unik. Misalnya casing dari bahan yang bisa memantulkan cahaya matahari menjadi warna-warna lain, casing yang permukaannya terinspirasi dari kertas, hingga yang terbaru dengan casing belakang bergaris-garis menyerupai permukaan koper.

Smartphone yang dimaksud adalah Realme C30 dengan garis vertikal bertekstur seperti koper, sebagai bagian dari komitmen realme untuk menawarkan desain yang stylish meskipun untuk segmen entry-level.

“Melalui pengamatan yang kami lakukan, pengguna smartphone mengharapkan produk yang dapat diandalkan untuk aktivitas sehari-hari sekaligus sebagai penunjang gaya hidup. Untuk itu kami hadirkan desain garis vertikal bertekstur pada smartphone #PastiStylish ini," ujar Palson Yi, Marketing Director realme Indonesia.

Realme C30 Realme C30
Menurut Palson Yi, garis merupakan desain yang tidak lekang oleh waktu. Pola garis dianggap sebagai salah satu pola sederhana yang terkesan modern.

Pada realme C30, pola Vertical Stripe Design ini terlihat minimalis dan rapi, mencerminkan bentuk klasik namun modern.

Tersedia dalam tiga pilihan warna, Lake Blue, Bamboo Green, dan Denim Black, realme C30 mengusung slogan Rp 1 jutaan #PastiStylish. Smartphone ini juga menawarkan performa yang dapat bertahan dalam penggunaan sehari-hari, mulai dari hujan dan jatuh dari ketinggian tertentu, realme C30 tetap dapat berfungsi dengan normal.

Hal lain yang juga diperhatikan adalah dimensi ramping dari realme C30, meski mengusung kapasitas baterai yang besar. Realme mengklaim C30 dengan ketebalan hanya 8.5mm, merupakan smartphone tertipis di segmen harganya, mudah dikantongi dan nyaman saat digenggam.

Realme C30 Realme C30
Dilengkapi dengan panel berukuran 6,5 inci, realme C30 juga memungkinkan pengguna menonton video dan game dengan lebih sedikit gangguan visual, dan memberikan layar penuh dengan rasio layar-ke-bodi sebesar 88,7%.

Resolusi layar HD+ membantu efisiensi daya baterai dan memberikan responsivitas yang lebih baik dalam bermain game, dengan 120Hz touch sampling rate.

Performa

Desain yang menarik tentu akan sia-sia jika tidak didukung performa yang baik. Untuk itu realme menempatkan chipset Unisoc T612 yang bertenaga. Chipset ini tercatat mencetak skor 224.233 pada benchmark AnTuTu.

Prosesor ini memiliki arsitektur octa-core 12nm yang memiliki kecepatan clock hingga 1,82 GHz dan mengadopsi struktur Cortex A75 untuk kinerja dan Cortex A55 untuk efisiensi, menghadirkan performa yang stabil untuk memproses banyak tugas.

Kita bisa membuka berbagai aplikasi, browsing internet, mengirim pesan instan, streaming konten musik atau video, hingga bermain game ringan.

Realme C30 Realme C30
Dari sektor memori, RAM tipe DDR4X dan storage UFS 2.2 membantu menawarkan kinerja lebih cepat. Teknologi memori penyimpanan berbasis flash ini mampu memberikan kecepatan baca tulis data 3 kali lebih cepat dari eMMC 5.1, yang biasanya menjadi standar penyimpanan di smartphone Rp 1 jutaan.

Artinya, membuka dan mencari file foto atau video di Galeri akan disajikan dengan cepat tanpa harus menunggu proses loading yang lama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com