Kompas.com - 06/07/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Memulai pekerjaan baru memang tampak menyenangkan, tetapi juga memberikan banyak tekanan untuk membuat kesan yang baik dengan atasan maupun rekan kerja.

Kabar baiknya, Kepala HRD di IBM, Nickle LaMoreaux mengatakan, ada beberapa langkah kecil yang dapat diambil untuk terlihat lebih menonjol dan membuat atasan baru terkesan.

Menurut dia, waktu yang tepat untuk melakukan ini adalah dalam tiga bulan pertama bekerja, yang dilihat manajer sebagai periode "berhasil atau hancur" untuk karyawan baru.

Selama waktu ini, kita harus bisa menetapkan harapan dan tujuan yang jelas untuk diri sendiri, mulai membangun hubungan yang bermakna dengan rekan kerja, dan merasa nyaman dengan tanggung jawab sehari-hari.

Baca juga: 5 Kiat Sukses Jadi Karyawan Baru di Masa Pandemi

Nah, dilansir dari laman CNBC Make It, LaMoreaux pun membagikan tiga tips untuk menjadi sukses di hari pertama bekerja yang mungkin juga akan berhasil hingga seterusnya, seperti yang berikut ini.

1. Jangan pernah makan siang sendirian

Berjejaring dengan rekan kerja dan berbagai departemen dalam organisasi di tempat kerja baru adalah cara tercepat untuk mempelajari tentang politik, budaya kerja, dan seperti apa masa depan perusahaan.

LaMoreaux pun merekomendasikan kita untuk mengundang rekan kerja yang berbeda untuk bergabung dengan saat makan siang.

Ajukan pertanyaan tentang jalur karier mereka, saran yang akan mereka berikan untuk karyawan baru, dan proyek yang sedang mereka kerjakan.

Jika kita akhirnya saling terhubung dengan rekan kerja, ini juga bisa menjadi kesempatan untuk bertanya bagaimana kita dapat membuat pekerjaan mereka lebih mudah atau jika ada sesuatu yang dapat kita bantu.

"Percakapan ini memberikan kita kesempatan untuk mengenal kolega secara pribadi dan mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang membuat penasaran di tempat kerja," kata LaMoreaux.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.