5 Kiat Sukses Jadi Karyawan Baru di Masa Pandemi

Kompas.com - 14/07/2020, 17:31 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Memulai karir sebagai lulusan baru sudah cukup menantang. Apalagi jika periode masuk ke dunia kerja ini dihadapi di masa pandemi Covid-19.

Tak hanya mereka yang baru lulus, beberapa orang yang kehilangan pekerjaan dan berjuang mendapat penggantinya juga dibayangi rasa takut gagal.

Namun, jika ada keinginan untuk cepat beradaptasi dengan perubahan, semuanya bisa terasa lebih mudah. Berikut kiat sukses memulai karir di tengah pandemi yang bisa kamu terapkan:

1. Mulai dengan pekerjaan jangka pendek

Lulusan baru atau orang-orang yang kehilangan pekerjaan di tengah pandemi pasti semangat dalam mencari pekerjaan baru. Namun, tidak semua perusahaan membuka lowongan karyawan tetap untuk saat ini.

Baca juga: Anak Usaha BUMN Ini Buka Lowongan untuk Fresh Graduate, Cek Persyaratannya

Namun, itu bukanlah masalah. Kamu tetap bisa melamar pekerjaan paruh waktu atau kontrak untuk periode pendek lainnya.

Hal terpenting adalah segeralah mulai bekerja, sehingga kamu bisa melatih tanggung jawab, disiplin, profesionalisme, kedewasaan, dan skill pekerjaan lainnya yang dapat dipelajari dari rekan kerja.

Kelak, pekerjaan paruh waktumu ini bisa menjadi referensj bagi calon atasan tentang prospekmu sebagai karyawan tetap.

2. Manfaatkan jaringan

Banyak orang mendapatkan pekerjaan baru melalui jaringan pribadi. Sebuah laporan menemukan bahwa sekitar 50-70 persen pencari kerja di Singapura menemukan pekerjaan melalui hubungan pribadi dan profesional.

Baca juga: 8 Tips Sukes Melakukan Wawancara Kerja Secara Virtual

Halaman:


Sumber Her World
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X