Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/07/2020, 17:31 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Her World

KOMPAS.com - Memulai karir sebagai lulusan baru sudah cukup menantang. Apalagi jika periode masuk ke dunia kerja ini dihadapi di masa pandemi Covid-19.

Tak hanya mereka yang baru lulus, beberapa orang yang kehilangan pekerjaan dan berjuang mendapat penggantinya juga dibayangi rasa takut gagal.

Namun, jika ada keinginan untuk cepat beradaptasi dengan perubahan, semuanya bisa terasa lebih mudah. Berikut kiat sukses memulai karir di tengah pandemi yang bisa kamu terapkan:

1. Mulai dengan pekerjaan jangka pendek

Lulusan baru atau orang-orang yang kehilangan pekerjaan di tengah pandemi pasti semangat dalam mencari pekerjaan baru. Namun, tidak semua perusahaan membuka lowongan karyawan tetap untuk saat ini.

Baca juga: Anak Usaha BUMN Ini Buka Lowongan untuk Fresh Graduate, Cek Persyaratannya

Namun, itu bukanlah masalah. Kamu tetap bisa melamar pekerjaan paruh waktu atau kontrak untuk periode pendek lainnya.

Hal terpenting adalah segeralah mulai bekerja, sehingga kamu bisa melatih tanggung jawab, disiplin, profesionalisme, kedewasaan, dan skill pekerjaan lainnya yang dapat dipelajari dari rekan kerja.

Kelak, pekerjaan paruh waktumu ini bisa menjadi referensj bagi calon atasan tentang prospekmu sebagai karyawan tetap.

2. Manfaatkan jaringan

Banyak orang mendapatkan pekerjaan baru melalui jaringan pribadi. Sebuah laporan menemukan bahwa sekitar 50-70 persen pencari kerja di Singapura menemukan pekerjaan melalui hubungan pribadi dan profesional.

Baca juga: 8 Tips Sukes Melakukan Wawancara Kerja Secara Virtual

Membangun jaringan bukan berarti memaksakan diri untuk menghabiskan waktu berjam-jam di sebuah acara dengan percakapan dan sesi tukar kartu nama yang canggung. Namun, membangun jaringan yang sebenarnya adalah mengenal orang-orang yang tepat di tempat yang tepat.

Ilustrasi mencari pekerjaanfizkes Ilustrasi mencari pekerjaan

Jadi, temukan orang-orang yang memiliki ketertarikan sama denganmu. Mereka bisa kamu temukan tidak hanya di tempat seperti seminar atau workshop, tetapi juga kelompok hobi, forum online dan situs jejaring sosial.

Jika kamu sudah memiliki jaringan, biarkan mereka mengetahui bahwa kamu sedang mencari pekerjaan. Jangan lupa memberi tahu jenis pekerjaan yang sedang Anda cari sehingga mereka dapat menyampaikan informasi yang tepat.

Baca juga: 8 Tips Wawancara Kerja Tanpa Persiapan bagi Fresh Graduate

3. Mengumpulkan skill penting

Pengalaman kerja cenderung lebih dihargai daripada jika memiliki kualifikasi yang tepat, karena tidak ada yang bisa menggantikan pengalaman.

Halaman:
Sumber Her World
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com