Kompas.com - 16/07/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Selain genetik, nutrisi juga menjadi faktor penting dalam proses tumbuh kembang anak secara optimal.

Apalagi, beberapa anak yang lahir dalam kondisi tertentu seperti bayi kembar, prematur, atau yang memiliki masalah berat badan sangat membutuhkan asupan gizi yang lebih besar.

Memang, pemenuhan nutrisi anak bisa diperoleh melalui air susu ibu (ASI) sejak lahir hingga usia enam bulan, lalu kemudian dilanjutkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI).

Namun pada masa MPASI, tidak semua anak bisa langsung makan dengan lancar karena mereka harus melalui proses belajar dan berkenalan dengan jenis makanan.

Baca juga: Minum Kopi akan Menghambat Tumbuh Kembang Anak, Benarkah?

Hal inilah yang membuat asupan gizi anak jadi kurang terpenuhi, sehingga pada akhirnya mereka tidak dapat mencapai berat badan yang ideal, sesuai dengan usia dan tinggi badan.

Manfaat mengonsumsi gelato

Ditemui dalam acara peluncuran Grow Fast Gelato (Grofato), dokter spesialis anak, Dr I.G.A.N Pratiwi, SpA, MARS, mengatakan bahwa mengonsumsi makanan pendamping seperti gelato bisa menjadi solusi untuk memenuhi kekurangan nutrisi anak.

"Gelato itu kan terbuat dari susu yang mengandung lebih banyak kalori," terangnya di Roemah 48, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2022).

"Jadi, gelato ini bisa menjadi snack untuk menutupi ketinggalan kalori yang seharusnya didapatkan dari proses makan," ujar dia.

Meski begitu, Dr Tiwi menyarankan agar gelato hanya dikonsumsi oleh anak-anak yang berusia satu tahun ke atas karena mereka sudah diperbolehkan untuk mengonsumsi berbagai macam makanan.

"Kalau sampai satu tahun berat badan anak tidak mengalami peningkatan dan susah makan, orangtua bisa memberikan gelato sebagai makanan pendamping," tambahnya.

Baca juga: Ini 5 Perbedaan Es Krim dan Gelato, Mana yang Lebih Sehat?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.