Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Pendeteksi Offside, Teknologi Baru yang Dipakai Untuk Piala Dunia 2022

Kompas.com - 21/07/2022, 09:04 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perhelatan Piala Dunia 2022 yang diadakan di Qatar akhir tahun ini bakal menggunakan teknologi terbaru.

Hal tersebut juga telah diumumkan oleh FIFA bahwa mereka akan menerapkan sistem Semi-automated Offsides yang mampu mendeteksi offside secara real-time.

Teknologi ini bekerja dengan cara memantau pergerakan bola yang terhubung dengan sistem kamera yang melacak semua pemain di lapangan.

Selain itu, sistem pendeteksi ini juga akan membantu wasit membuat keputusan lebih cepat, yang pada gilirannya membantu menjaga permainan berjalan dengan baik.

Teknologi yang akurat

Ada pun teknologi tersebut menggunakan tidak kurang dari 12 kamera yang ditempatkan di bawah atap stadion. Kamera-kamera ini melacak setiap pemain hingga 29 titik data per pemain (terutama pada wajah dan gerakan anggota badan).

Pergerakan dipantau 50 kali per detik untuk secara akurat menentukan posisi pasti pemain di lapangan pada waktu tertentu.

Sebuah sensor yang dipasang di tengah bola resmi Piala Dunia 2022 pun akan mengirimkan data hingga 500 kali per detik guna memungkinkan pendeteksian titik tendangan yang lebih tepat.

Kemudian, dengan menggabungkan semua data ini dan menerapkan algoritme yang canggih, peringatan tentang potensi insiden offside akan dikirim secara sistematis ke perangkat video assistant referee (VAR).

Setelah mempelajari urutan permainan dengan cepat, jika VAR mengonfirmasi posisi offside, sistem ini akan memberi tahu wasit yang hadir di lapangan dalam waktu beberapa detik untuk menghindari time-out besar selama pertandingan.

Dengan memunculkan animasi 3D yang merinci posisi pasti setiap pemain yang terlibat dalam insiden offside, teknologi baru ini juga bisa dibilang menjadi pelengkap VAR yang pertama kali diperkenalkan pada Piala Dunia tahun 2018.

Sebagai informasi, Piala Dunia FIFA 2022 dijadwalkan akan dimulai pada hari Senin, 21 November 2022. Sedangkan finalnya akan diadakan pada hari Minggu, 18 Desember 2022 yang bertepatan dengan Hari Nasional Qatar.

Baca juga: Manfaat Sepakbola bagi Wanita, Bukan Hanya Dominasi Pria Saja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com