Kompas.com - 28/07/2022, 10:18 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Memelihara hewan mungkin dapat menghilangkan stres berkat kelakuan lucunya. Namun, bukan berarti merawat hewan itu hal mudah.

Pasalnya, sebagai pemilik hewan yang baik, kita harus membuat hidup hewan peliharaan kita sejahtera. Artinya, mulai dari memberi makan hingga melakukan pengecekan ke dokter hewan rutin, kita harus melakukannya.

Bahkan, hal paling sederhana seperti membawa anjing jalan-jalan pun bukanlah hal mudah karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan, termasuk seberapa sering kita membawanya jalan-jalan.

Dikutip dari PetMD, sebenarnya ada empat faktor yang perlu dipertimbangkan terkait seberapa sering kita mengajak jalan-jalan anjing, yaitu:

  • Ras anjing
  • Usia
  • Toleransi olahraga anjing
  • Jadwal kita

Jadi jika bicara tentang anjing, setiap ras memiliki cara perawatannya sendiri.

Menurut American Kennel Club, meski beberapa ras hanya perlu berjalan sekali sehari, ras lain membutuhkan hingga tiga kali jalan kaki.

Anjing pekerja dan sporting tertentu, seperti golden retriever atau doberman pinscher, membutuhkan banyak aktivitas dan olahraga setiap hari, sementara toy breed (anjing kecil) seperti pekingese, jauh lebih tenang dan tidak perlu diajak berjalan-jalan terlalu sering.

PetMD juga menyebutkan bahwa sama seperti manusia, anjing yang lebih muda memiliki lebih banyak energi dibanding anjing yang lebih tua.

Artinya, anjing yang lebih muda (hingga berusia empat tahun) kemungkinan membutuhkan jalan-jalan lebih sering dan cenderung lebih suka bermain dibanding anjing yang lebih tua.

Masalah kesehatan seperti diabetes atau radang sendi pun perlu diperhatikan. Pasalnya, dua masalah kesehatan ini bisa sangat berperan dalam menurunkan stamina anjing, membuatnya lebih malas berjalan-jalan dan berolahraga.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.