Kompas.com - 14/08/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Ratusan remaja dan ibu-ibu mengenakan kebaya serta wastra memeriahkan Parade Kebaya Nusantara yang digelar di pelataran Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (13/8/2022).

Parade Kebaya Nusantara ini diselenggarakan sebagai rangkaian perayaan HUT ke-77 RI sekaligus kampanye penetapan Hari Kebaya Nasional dan pengajuan Warisan Budaya Tak Benda ke Unesco.

Acara ini dimeriahkan dengan peragaan busana kebaya funky karya desainer Lenny Agustin, fashion show Kebaya Sporty by Indonesia Basket Ball, flash mob yang menyita perhatian masyarakat di sore hari.

Baca juga: 5 Fakta Penting Kebaya, Perempuan Indonesia Perlu Tahu

Menteri Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga yang hadir di acara tersebut juga mengajak masyarakat, usia tua dan muda untuk bergerak bersama dalam melestarikan kebaya.

“Mari kita jadikan 77 tahun kemerdekaan menegaskan kembali bangsa Indonesia untuk berdaulat dan berdikari dalam kebudayaan,” tegas Menteri Bintang dalam siaran persnya.

Menurutnya, fungsi kebaya saat ini telah mengalami banyak kemajuan termasuk dianggap sebagai adibusana dengan nilai ekonomi tinggi.

Sehingga kebaya saat ini tidak hanya cocok digunakan dalam berbagai acara formal tetapi juga cukup familiar bila digunakan saat pergi ke kantor, belanja, arisan, bahkan traveling.

“Kita harus bergerak bersama melestarikan kebaya dan kebaya memiliki nilai ekonomi tinggi,” imbuh Bintang.

Parade Kebaya Nusantara di Sarinah, Sabtu (13/8/2022)Dok. Parade Kebaya Nusantara Parade Kebaya Nusantara di Sarinah, Sabtu (13/8/2022)
Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Nasional HKN (Hari Kebaya Nasional), Lana T Koentjoro berterimakasih dengan antusiasme masyarakat mengikuti Parade Kebaya Nusantara.

“Parade Kebaya Nusantara sebagai sarana sosialisasi dan edukasi kebaya busana warisan leluhur yang harus kita jaga bersama kelestariannya,” ujar Lana Koentjoro.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.