Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Cara Tetap Relevan di Tengah Perubahan

Kompas.com - 07/09/2022, 18:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Inge Shafa Sekarningrum dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - Di tengah gempuran teknologi, kita juga perlu peka terhadap setiap perubahan yang ada.

Contohnya saja, saat teknologi masih belum secanggih sekarang, orang-orang mulai belajar beradaptasi menggunakan telepon genggam atau smartphone. Jika dulu internet masih terbatas, sekarang ada banyak kemudahan untuk mengaksesnya lewat smartphone.

Tidak diragukan lagi jika tren mudah sekali berubah dan informasi sangat cepat tersebar, baik lewat media sosial maupun berita daring. Namun, tak sedikit orang merasa tertinggal dan tidak relevan dengan perubahan yang ada.

Itu sebabnya, Fajar Nugros membagikan kisah hidupnya dalam siniar Beginu bertajuk “Menjaga Kepekaan supaya Relevan”. Ia menceritakan sebuah pegangan untuk semakin relevan secara global agar karyanya bisa diterima banyak orang.

Fajar mengaku, agar dapat diterima oleh banyak orang, ia harus membuat karyanya menjadi relevan secara global. Artinya, menghindari topik-topik yang kurang relevan dan diketahui masyarakat.

Agar seseorang bisa tetap seperti itu, diperlukan kiat-kiat tertentu. Prime Women menyebutkan ada beberapa cara agar seseorang tetap relevan seiring bertambahnya usia.

1. Mencari ilmu dari mana saja

Meskipun telah belajar dan mendapat gelar, kita tidak pernah terlalu tua untuk mempelajari hal baru.

Baca juga: Ciptakan Personal Branding agar Bisnis Trending

Kita bisa memanfaatkan perkembangan teknologi yang sudah ada dan mengintegrasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, dengan menggunakan ponsel secara maksimal hingga memanfaatkannya dengan baik.

2. Memanfaatkan media sosial

Tetap relevan berarti mendapat informasi dan terhubung dengan orang-orang sekitar serta jauh dari kita. Cara terbaik melakukannya adalah melalui media sosial.

Tak hanya itu, tren dan berita lebih cepat tersebar melalui media sosial. Itu sebabnya, kita bisa dengan mudah mengakses berita viral lewat Twitter, Instagram, dan TikTok.

Namun, tidak semua berita yang ada di media sosial dapat kita telan mentah-mentah. Sebagai pengguna media sosial, kita juga sebaiknya dapat menyaring berita benar atau salah.

3. Hang out dengan teman

Meskipun media sosial sudah mencakup banyak sekali informasi, sebagai makhluk sosial, kita juga perlu bersosialisasi secara nyata dengan orang lain.

Misalnya adalah berkumpul dengan teman. Hang out dengan teman tentu berbeda dengan mengulik informasi secara daring.

Kita akan mendengar banyak sekali cerita orang lain dari berbagai macam sudut pandang. Hal itu akan membuat kita sadar bahwa setiap orang memiliki perbedaan prinsip dan pikiran, serta hal yang disuka.

Baca juga: Kiat Sukses Menjadi Content Creator di Era Digital

Saat kita berkumpul dengan teman, kolega, dan orang lain, kita juga jadi mengetahui hal-hal baru serta melatih kepekaan.

Dengarkan kisah Fajar Nugros bersama Wisnu Nugroho, Pemimpin Redaksi Kompas.com, dalam siniar Beginu bertajuk “Menjaga Kepekaan supaya Relevan” di Spotify. Ikuti juga siniarnya agar tidak tertinggal episode-episode terbarunya!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com