Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, 4 Bahan Skincare yang Harus Dihindari Penderita Eksim

Kompas.com - 25/10/2022, 20:56 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki kondisi kulit yang sensitif seperti eksim atau dermatitis atopik membuat kita perlu berhati-hati memilih kandungan dalam sebuah produk skincare.

Sebab, beberapa bahan aktif yang terdapat di dalam skincare bisa saja memicu flare up atau membuat kulit iritasi dengan berbagai gejala, misalnya, gatal-gatal maupun kemerahan.

"Ada bahan-bahan yang berpotensi mengeringkan atau mengiritasi, sehingga seseorang dengan eksim harus menggunakan formulasi produk yang lebih lembut dan mendukung penghalang kulit."

Demikian penuturan seorang dokter spesialis kulit yang berbasis di New York, Dr Hadley King, MD.

"Namun, setiap kasus eksim bisa berbeda. Maka dari itu, formulasinya juga bisa sangat berbeda, jadi sebenarnya tidak ada kontraindikasi absolut di sini," tambahnya.

Dengan kata lain, jika kita memang memiliki kondisi eksim, ada bahan-bahan tertentu yang harus ditambahkan ke rutinitas skincare dengan sangat hati-hati, atau dalam beberapa kasus, tidak sama sekali.

Baca juga: Eksim, Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Bahan-bahan yang harus dihindari penderita eksim

Nah, seperti yang dilansir dari laman Well and Good, para ahli dermatologi pun membagikan beberapa bahan skincare yang sebaiknya dihindari untuk para penderita eksim sebagai berikut.

1. Wewangian

Meskipun produk skincare aromatik dapat memanjakan indra, namun itu dapat merusak pelindung kulit.

"Sebagian besar wewangian dalam produk adalah campuran dari 10 bahan atau lebih," kata dokter spesialis kulit dan penulis di Beyond Soap, Dr Sandy Skotnicki, MD.

"Wewangian biasanya mengiritasi penderita eksim dan juga dapat menyebabkan alergi," ujar dia.

Menurut Skotnicki, satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah ketika memilih formula yang menggembar-gemborkan dirinya sebagai "bebas pewangi", itu tidak akan selalu membuat kita tetap bersih.

Di samping itu, banyak produk skincare yang menggunakan minyak esensial untuk menambahkan aroma.

Jadi, penting mencari produk yang tidak hanya bebas dari wewangian buatan (berlabel parfum), tetapi juga tanpa ekstrak alami yang juga berpotensi menyebabkan iritasi kulit.

2. Asam alfa hidroksi

Asam alfa hidroksi atau alpha hydroxy acid (AHA) adalah eksfoliator kimiawi yang bekerja dengan cara melelehkan "lem" yang menahan sel-sel kulit mati ke permukaan kulit.

Meskipun senyawa ini cenderung lebih lembut daripada eksfolian fisik seperti scrub yang bekerja dengan mengelupas sel-sel kulit mati, namun AHA mungkin masih agresif bagi orang-orang yang menderita eksim.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com