Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2022, 09:01 WIB

KOMPAS.com - Balenciaga mengajukan gugatan sebesar 25 juta dollar AS terhadap perusahaan yang memproduksi iklannya yang kontroversial belakangan ini.

Gugatan tersebut mengklaim jika rumah produksi tersebut menyertakan properti dokumen hukum terkait pornografi anak tanpa sepengetahuan atau otorisasi Balenciaga.

Tuntutan tersebut diajukan pada 26 November lalu di Mahkamah Agung Negara Bagian New York, tak lama setelah polemik iklan tersebut menyebar.

Baca juga: Kontroversi Iklan Balenciaga, Eksploitasi Anak dengan Tema BDSM

Perusahaan produksi tersebut, North Six Inc, dan pemiliknya, Nicholas Des Jardins dituding dalam “tindakan dan kelalaian yang tidak dapat dijelaskan” yang “jahat atau, paling tidak paling tidak, sangat ceroboh.”

Karena kesalahan perusahaan produksi tersebut dalam merancang iklan koleksi spring 2023 ini, Balenciaga menyebut jika publik termasuk media, secara keliru dan merugikan mengaitkan merek Perancis ini dengan subjek keputusan pengadilan yang menjijikkan dan sangat mengganggu.

Nilai gugatan diajukan sebagai ganti atas kerugian yang dialami Balenciaga atas asosiasi palsu tersebut maupun polemik yang menyebar luas beberapa hari belakangan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Balenciaga ???? (@balenciaga)

Dalam sebuah pernyataan kepada The Washington Post, agen Des Jardins, Gabriela Moussaieff, mengatakan surat-surat resmi yang digunakan dalam iklan tersebut diperoleh dari rumah properti yang merupakan barang sewaan yang digunakan untuk pembuatan film dan pemotretan.

"Semua orang dari Balenciaga ikut syuting dan hadir di setiap pengambilan gambar dan mengerjakan pengeditan setiap gambar dalam pasca produksi," kata Moussaieff.

Ia juga menambahkan bahwa kliennya dijadikan sebagai kambing hitam dan sedang berkonsultasi dengan ahli hukum untuk menghadapi kasus ini.

Baca juga: Mengaku Marah Soal Iklan Anak, Kim Kardashian Tetap Bela Balenciaga

Sejumlah pihak menilai Balenciaga sedang berusaha cuci tangan atas kontroversi ini, bukannya bertanggungjawab atas kesalahan yang diperbuat.

Gugatan yang diajukan dianggap konyol karena iklan tersebut tentunya tidak lolos produksi dan ditayangkan tanpa kurasi begitu saja dari Balenciaga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.