Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/02/2023, 15:46 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - ASICS brand olahraga asal Jepang, meluncurkan sepatu lari baru yaitu Gel-Nimbus 25, yang dirancang untuk meningkatkan performa dan memberikan kenyamanan berlari secara maksimal.

Sepatu ini dirancang berdasarkan riset untuk membantu penggunanya merasakan kekuatan berlari yang membangkitkan semangat pada tubuh dan pikiran.

Sepatu ASICS Gel-Nimbus 25 dilengkapi dengan bantalan sepatu yang lebih tebal agar kaki pemakai bisa mendarat lebih lembut serta pengalaman lari yang nyaman.

Untuk memastikannya, sepatu ini diuji oleh kedua pelari binaan ASICS yaitu Rahadi Mahardito dan Devi Ardian yang menjadikannya sebagai sepatu latihan maupun pre-race mereka pada kejuaraan Tokyo Marathon 2023 mendatang.

Keduanya berpendapat bahwa sepatu ini memberikan kenyamanan maksimal yang membantu meningkatkan performa mereka saat berlari maupun saat berlatih.

ASICS Gel-Nimbus 25 mengusung teknologi baru PureGEL yang lebih lembut dari teknologi GEL sebelumnya. Teknologi ini tidak terlihat dari luar karena terintegrasi pada midsole untuk meredam guncangan dan menghasilkan transisi yang lebih halus.

Didesain untuk meningkatkan kenyamanan pada telapak kaki dengan 20% busa lebih tebal dibandingkan versi sebelumnya, sepatu ini hadir dengan bantalan FF Blast Plus Eco yang ringan.

Setidaknya 20% busa pada sepatu ini terbuat dari bahan material daur ulang termasuk dari limbah sisa pengolahan tebu.

Sepatu ASICS Gel-Nimbus 25 Sepatu ASICS Gel-Nimbus 25
Sota Fukushima, President Director ASICS Indonesia mengatakan, “Mengikuti filosofi desain ASICS, kami menggunakan pengujian ini kepada para atlet, penelitian biomekanik, metode berkelanjutan, dan pengerjaan puluhan tahun untuk menciptakan produk terbaik untuk tubuh dan pikiran."

"Untuk pengembangan ASICS Gel-Nimbus 25, kami menetapkan standar yang sangat tinggi. Kami tahu bahwa tujuan ambisius kami untuk 'menciptakan sepatu lari yang paling nyaman akan butuh lebih banyak pengembangan, desain, serta pengujian internal dan eksternal serta validasi konsumen."

Sebuah riset dijalankan oleh Dr. Chris Bishop PhD., ahli penyakit kaki dan peneliti The Biomechanics Lab, Australia Selatan membandingkan kenyamanan sepatu ASICS Gel-Nimbus 25 dengan tiga sepatu pesaing terkemuka dan juga model pendahulunya, ASICS Gel-Nimbus 24.

Salah satu pertanyaan dalam studi ini adalah, “Apakah ASICS Gel-Nimbus 25 akan menjadi sepatu lari yang lebih nyaman daripada empat sepatu pembanding yang telah diuji?”

Riset ini melibatkan 100 responden pelari (52 pria, 48 wanita), yang berlangsung selama delapan minggu. Para peserta yang mengikuti penelitian berlari ini diberikan lima pasang sepatu yang dibuat agar tidak dapat dikenali mereknya agar riset ini menjadi lebih objektif.

Peserta riset mengujinya dengan berlari di treadmill dengan kecepatan rata-rata 10 km/jam selama tiga menit, dan diminta menilai kenyamanan setiap sepatu berdasarkan berbagai kriteria terkait kenyamanan, termasuk bantalan tumit, bantalan kaki depan, stabilitas sepatu, dan fleksibilitas kaki depan.

Analisis statistik independen yang dilakukan tersebut mendapati bahwa ASICS Gel-Nimbus 25 dinilai sebagai sepatu dengan tingkat kenyamanan paling tinggi.

“Kenyamanan adalah faktor persepsi yang bukan merupakan variabel biomekanik dan tidak sama untuk setiap individu. Namun, hasil penelitian konklusif ini menunjukkan bahwa ASICS Gel-Nimbus 25 secara statistik adalah sepatu lari paling nyaman dalam pengujian," ujar Dr Chris Bishop PhD.

ASICS Gel-Nimbus 25 sudah bisa didapatkan mulai tanggal 1 Februari 2023 di toko ritel ASICS, toko online, dan outlet spesialis olahraga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com