Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2023, 16:15 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Batu mulia seberat 55,22 karat yang disebut "Estrela de Fura" adalah batu rubi atau mirah delima terbesar yang diketahui di dunia. Selain ukurannya, batu itu juga memecahkan rekor lain ketika terjual seharga 34,8 juta dollar atau sekitar Rp 518 milyar di Sotheby's Magnificent Jewels Auction.

Harga ini melampaui rekor lelang permata rubi sebelumnya, yakni 30,3 juta USD atau Rp 451 milyar untuk “Sunrise Ruby” seberat 25,59 karat pada Mei 2015.

Meski demikian pembelian “Estrela de Fura” dianggap lebih menguntungkan bagi pembelinya karena jika dihitung berdasarkan beratnya, harganya menjadi sekitar Rp 7,9 milyar per karat, sementara "Sunrise Ruby" berharga sekitar Rp 17,6 milyar per karat.

Dijelaskan oleh Sothebys, batu ini adalah jenis yang "sangat langka" dan sangat "berharga" karena warnanya, kecemerlangannya, dan ukurannya.

Baca juga: 7 Batu Permata Termahal di Dunia, Berlian Putih hingga Zamrud

Batu rubi atau mirah delima bernama Estrela de Fura terjual seharga 34,8 juta dollar atau sekitar Rp 518 milyar di Sotheby's Magnificent Jewels Auction. Batu rubi atau mirah delima bernama Estrela de Fura terjual seharga 34,8 juta dollar atau sekitar Rp 518 milyar di Sotheby's Magnificent Jewels Auction.
"Estrela de Fura" ditemukan di Mozambik oleh perusahaan Kanada, Fura Gems. Namanya dalam bahasa Portugis berarti "Bintang Fura", mengacu pada statusnya sebagai penemuan terpenting Fura.

Ketika ditemukan dalam kondisi mentah sebelum diasah dan dipoles, para ahli langsung menyadari bahwa "Estrela de Fura" tidak seperti rubi yang lain. Batu ini memiliki warna merah tua yang dikenal sebagai warna "darah merpati", sebuah rona yang hanya ditemukan pada batu rubi Burma pilihan.

Awalnya batu rubi ini diduga akan terjual seharga sekitar Rp 450 milyar. Di pasaran batu rubi dengan ukuran ini sangat sedikit dan jarang, serta hanya ada dua penjualan batu rubi sebelumnya yang melampaui harga di atas Rp 225 milyar. "Alam membentuknya untuk kita," kata Sotheby dalam rilis video sebelum pelelangan.

"Estrela de Fura" bukan satu-satunya batu mulia yang memecahkan rekor di lelang Magnificent Jewels baru-baru ini.

Permata lain berwarna merah muda 10,57 karat yang dijuluki "The Eternal Pink" juga terjual dengan harga Rp 518 milyar. Keseluruhan penjualan di Magnificent Jewels Auction mencapai 95,9 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,43 trilyun, menjadikan lelang ini sebagai lelang perhiasan terlaris yang diadakan di Sotheby's New York.

Baca juga: Berlian Merah Muda Langka Dilelang, Harganya Berapa?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com