Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2024, 09:44 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Wewangian yang kita kenakan dapat memainkan peran besar terhadap citra kita dan bagaimana orang memandang kita. Aroma segar dari aftershave, cologne dengan wangi bunga-bungaan, hingga parfum dengan keharuman kayu akan menambah jatidiri kita.

“Aroma dapat memicu ingatan dan perasaan yang kuat, yang dapat memengaruhi apakah seseorang kita anggap menarik,” jelas Laura Wasser, pakar hubungan di Divorce.com. 

“Beberapa aroma dapat menciptakan rasa nyaman atau keakraban, sementara aroma lainnya mungkin membangkitkan emosi yang lebih menggairahkan atau menyegarkan, yang semuanya dapat berkontribusi pada ketertarikan.” 

Baca juga: Tips Menemukan Aroma Parfum yang Cocok untuk Kamu

Di antara banyak aroma tersebut, ada wangi  tertentu yang bisa membuat kamu lebih menarik. Apa sajakah? 

5 Aroma yang membuat kamu lebih menarik

1. Vanila

Ilustrasi vanila Ilustrasi vanila
Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa aroma dapat mempengaruhi emosi seseorang. Seperti yang dijelaskan dalam sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Cognitive Research: Principles and Implications.

Studi itu menyebutkan: "Rangsangan penciuman dapat memengaruhi segala sesuatu mulai dari penilaian orang terhadap daya tarik, usia, pengaruh, status kesehatan/penyakit, dan bahkan kepribadian orang lain."

Dan salah satu aroma yang terbukti memberikan dampak positif adalah vanilla. Lisa Lawless, PhD, CEO Holistic Wisdom, menjelaskan bahwa aroma vanilla "sering dikaitkan dengan kenangan indah, seperti membuat kue atau camilan manis lainnya".

Faktanya, sebuah penelitian tahun 1994 menunjukkan bahwa gejala kecemasan berkurang ketika pasien MRI diberi aroma vanilla.

Sampai di sini, Wasser menambahkan bahwa aroma ini dapat "membangkitkan kenangan indah atau menciptakan rasa nyaman dan hangat"—perasaan yang sangat penting dalam hal ketertarikan dan hubungan.

Baca juga: 5 Pilihan Parfum Lokal Aroma Vanila yang Wanginya Tahan Lama

2. Musk

Ilustrasi musk Ilustrasi musk
Aroma yang hangat, bersahaja, dan musky seperti kayu cendana dan nilam (patchouli) dapat membuat kita terlihat "membumi, nyaman berada di segala suasana, dan berkelas", yang menurut banyak orang menarik, jelas Lawless.

Kayu cendana sering digunakan di spa dan studio yoga, karena dikaitkan dengan perasaan menenangkan dan rileks, tambah Wasser.

Dan aroma musky yang tidak terlalu menyengat bisa membuat seseorang ingin lebih mengenal kamu. “Misalnya, aroma dengan sedikit bahan-bahan yang tidak biasa seperti lada hitam, teh, atau bahkan leather bisa sangat menarik dan menciptakan rasa intim,” saran Wasser.

3. Citrus

Ilustrasi minyak esensial Bergamot. Minyak esensial ini dapat digunakan untuk meredakan kecemasan. SHUTTERSTOCK/JUNJIRA LIMCHAROEN Ilustrasi minyak esensial Bergamot. Minyak esensial ini dapat digunakan untuk meredakan kecemasan.
Jika kamu ingin tampil energik dan ceria saat berkencan, wewangian dengan aroma citrus akan cocok karena menyegarkan.

“Dalam aromaterapi, aroma citrus, terutama jeruk, dianggap membangkitkan kegembiraan. Aroma tersebut menawarkan rasa kesegaran dan vitalitas, yang cukup menarik,” kata Lawless.

Baca juga: Mengenal Aroma Oud yang Sedang Tren di Dunia Parfum

4.Lavender

Ilustrasi minyak lavenderPexels / Mareefee Ilustrasi minyak lavender
Lavender umumnya dikaitkan dengan relaksasi, seperti yang biasanya ditemukan di spa atau lilin beraroma yang dimaksudkan untuk membantu kita tidur.

Halaman:
Sumber Best Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com